OpenBTS Workshop

INTRODUCTION

Teknologi Software Defined Radio (SDR) merupakan salah satu terobosan luar biasa dalam perkawinan ilmu informatika dan telekomunikasi. SDR memungkinkan kita membuat pemancar / penerima radio mengandalkan program / software di komputer. Konsekuensinya pemancar tersebut menjadi jauh lebih murah daripada pemancar konversional.

Perkawinan teknologi SDR, open source dan GSM selular menghasilkan teknologi OpenBTS yang di rintis oleh  Harvind Samra dan David A. Burgess. Bayangkan sebuah BTS selular berdaya 50W seharga Rp. 500 juta s/d 1.5M dapat di bangun dengan harga Rp. 150-200 juta dengan kemampuan yang sama.OpenBTS bahkan dapat dibuat sendiri sebagian karena menggunakan teknologi Open Source.  David A. Burgess saat ini bergabung di RangeNetworks.com yang mengembangkan OpenBTS.

Ini semua menjadi tantangan bagi para akademisi, industri telekomunikasi maupun para regulator di dunia. Apalagi beberapa kampus di Indonesia telah berhasil membuat prototype OpenBTS bahkan telah berhasil di operasikan dengan baik di Wamena Papua.

Jim Forster salah seorang pendiri RangeNetworks.com pengembang OpenBTS akan berada di Indonesia di awal February 2014. Akan menarik untuk mendengarkan perjuangan RangeNetworks.com untuk mengimplementasikan OpenBTS di berbagai negara di dunia berkembang selain berkiprah dalam memberikan akses saat bencana alam mapun telekomunikasi di pedesaan.

 

EVENTS

Title : Workshop on Wireless Cellullar Network and Its Challenges

Tuesday, 11 February 2014

Time : 13:00 - 16:00

Place : Auditorium Surya University, Jl. Boulevard Gading Serpong Blk O/1, Summarecon Serpong, Tangerang - Indonesia

 

PAYMENT

Fee : Rp. 25.000

TRANSFER TO:

Bank Mandiri : Rek No. 157-00-0317014-0 (HANDRI SANTOSO)

Bank BCA : Rek No. 8690840571 (HANDRI SANTOSO)

PAYMENT AT SITE

 

Berita Lainnya