Menyuarakan Masalah Persampahan via Media Sosial Instagram World Clean Up day Jakarta, Mahasiswa Teknik Lingkungan mendapat predikat Best Social Campaign Strategy Planner.

Pada tanggal 6-9 Mei 2018, perwakilan Mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University yang terdiri dari Ivan Hartanto (Teknik lingkungan 2014) dan Tasia Rosalina (Teknik lingkungan 2015) terpilih untuk mengikuti forum hijau yang diselenggarakan oleh LetsDoit Indonesia yang bernama Leaders Academy Indonesia. Leaders Academy Indonesia adalah forum pelatihan yang dirancang khusus untuk para leader terpilih dari seluruh provinsi di Indonesia yang memiliki semangat bergerak aktif dalam upaya penanganan isu persampahan Indonesia. 

Selama 4 hari 3 malam di PP-PON (Pusat Pemberdayaan Pemuda Dan Olahraga Nasional) Kemenpora,  Cibubur, para delegasi dari 34 provinsi Indonesia mendapatkan pelatihan, baik dari pembicara nasional hingga internasional. Adapun bentuk kegiatan saat pelatihan tersebut, seperti Inspirational Talk, games, serta pengumuman predikat nasional yang telah disiapkan oleh panitia yang diumumkan pada malam terakhir Leaders Academy Indonesia.  
Predikat nasional yang diberikan oleh panitia kepada para leader Indonesia adalah Personal Trash Mapping, Province Trash Mapping, dan Social Media Strategy. Dari ketiga predikat nasional tersebut, Ivan Hartanto dan Tasia Rosalina yang mewakili provinsi DKI Jakarta berhasil mendapatkan satu dari tiga predikat ini, yakni Best Social Campaign Strategy Planner dengan membawa tema Youth Speak Project. 

Mereka pun bercerita tentang alasan strategi ini yang berawal dari pemikiran tentang persampahan tentu bukan persoalan apakah kamu jurusan teknik lingkungan atau bukan. Semua program studi dan berbagai latar belakang pekerjaan bisa turut andil untuk bergerak  menyuarakan lingkungan. 
“Pemuda Indonesia harus berani mengeluarkan quote lingkungan hasil pemikiran mereka sendiri. Kalimat yang hadir melalui kreativitas diharapkan akan mampu melekat menjadi bagian dari rutinitas” ujar Ivan sebagai project leader Youth Speak Project.

Adapun acara puncak setelah pelatihan ini, yakni World Clean Up Day ( Hari Aksi Bersih Dunia) yang dilakukan di 150 negara pada tanggal 15 September 2018. Dengan membawa #kami13juta yang memiliki arti 5% jumlah penduduk Indonesia, kami mengajak kita semua untuk berpartisipasi menjadi bagian dari sebuah perubahan

Berita Lainnya