Tim Teknik Lingkungan Surya University meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional di Universitas Hasanuddin

Pada tanggal 22-30 Oktober 2016 tim dari Teknik Lingkungan Surya University yang terdiri dari Yessica, Steffany Trifena, dan Ahmad Prima angkatan 2013 menjadi perwakilan Surya University dalam ajang perlombaan Dedikasi 2016 dengan kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah. Dedikasi 2016 merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Hasanuddin. Jenis perlombaan yang diadakan terdiri dari beberapa kategori, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Ketekniksipilan, dan Fotografi. Dedikasi tahun ini memiliki tema yang berbeda untuk tiap kategorinya, untuk LKTI bertemakan waste to energy, Lomba Ketekniksipilan bertemakan desain pemecah gelombang metode tiang pancang, dan fotografi dengan tema maritime infrastructure in frame. Dedikasi 2016 diikuti oleh dari berbagai universitas di Indonesia, diantaranya Intstitut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Universitas Palangkaraya, Universitas UIN Alaudin Makassar, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, dan Universitas Hasanuddin.

Setelah melewati seleksi Tahap I yang berupa pengumpulan proposal karya tulis dan berkas administrasi lainnya, akhirnya Tim dari Teknik Lingkungan Surya University berhasil lolos menjadi 10 finalis kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang berangkat ke Makassar untuk mempresentasikan karya ilmiahnya. Judul dari karya tulis ilmiah yang diajukan oleh Tim Teknik Lingkungan Surya University adalah Inovasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Menggunakan Teknologi Hidrotermal. Seleksi selanjutnya finalis harus mempresentasikan karya tulisnya di depan dewan juri, yang terdiri dari Bapak Irwan selaku dosen Teknik Lingkung Universitas Hasanuddin, Bapak Ir. Khaerudin selaku pejabat Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar dan Bapak Mukman sebagai perwakilan pejabat Kota Makassar.

Adapun tujuan dari pemaparan presentasi di depan Pemerintah Kota Makassar adalah untuk memberikan rekomendasi sistem pengelolaan sampah kepada pemerintah Kota Makassar. Presentasi LKTI berlangsung di Baruga Anging Mammiri Makassar yang merupakan Rumah Jabatan Walikota Makassar. Tiap finalis diberikan waktu presentasi selama 8 menit dan sesi tanya jawab selama 7 menit. Pada tanggal 27 Oktober 2016 dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari semua kategori yang dilaksanakan di Hotel Four Point by Sheraton Makassar.

Tim Teknik Lingkungan Surya University berhasil menyabet juara 2 dalam kategori LKTI. Juara 1, 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3 berturut-turut berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Palangkaraya, UIN Alaudin Makassar dan Universitas Palangkaraya. Setelah, sesi perlombaan usai, para finalis diberi kesempatan untuk mengikuti tur Toraja selama 3 hari. Obyek wisata yang dikunjungi diantaranya Ke’te Kesu’, Pasar Hewan Rantepau, Londa, dan Buntu Burake. Pada hari kedua di Toraja, pemenang dari LKTI (juara 1, juara 2, dan harapan 1) diberikesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di depan Kepala Bappeda Kabupaten Toraja Utara. Pemaparan hasil karya tulis ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah Kabupaten Toraja Utara di bidang sistem manajemen persampahannya. Pada kesempatan tersebut para peserta juga sempat diajak tur Toraja sebelum kembali ke daerahnya masing-masing.

Berita Lainnya