Mahasiswa Teknik Lingkungan Merebut Juara pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

HorasHealthFest 2016 atau disingkat dengan HorasHF 2016 merupakan acara lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Lomba ini mengangkat tema “Strategi dalam Mewujudkan Generasi Sehat, Produktif, dan Komperatif”, dengan sub temanya, yaitu Kesehatan, Ketersediaan pangan, Budaya K3 (Keselamatan dan kesehatan kerja), Kewirausahaan sosial-lingkungan, dan Peran S.KM dalam mewujudkan Indonesia Sehat 2020. Lomba ini diikuti oleh sekitar 600 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Dalam lomba ini, Tim Surya University diwakili oleh Yussandi Santoso (Environmental Engineering 2014), Fadilla A. Larasaty (Nutrition and Food Technology 2014) dan Syakirotun Nikmah (Nutrition and Food technology 2013). Yussandi Santoso sebagai ketua tim mengambil sub tema “Kewirausahaan sosial-lingkungan” dengan judul karya tulis ilmiah Pemanfaatan Kertas Revisi Skripsi sebagai Bahan baku Biogas Guna Menciptakan Lingkungan dan Masyarakat yang Berkelanjutan. Pada tahap pertama setiap tim mengumpulkan abstrak karya tulis ilmiah via email pada 16 februari 2016. Setelah tahap penilaian abstrak, tim Surya University berhasil lolos bersama 222 tim lainnya (diambil 50% dari total peserta). Tahap selanjutnya adalah pengumpulan berkas karya tulis ilmiah utuh (full paper) via email pada 17 Maret 2016. Pada tahap ini hanya 100 tim yang mengirim berkas full paper tepat pada waktunya, yang kemudian berhasil masuk ke tahap selanjutnya termasuk Tim Surya University. Pada tahap tersebut akan diambil 10 tim terbaik yang akan berlaga pada tahap terakhir sebagai finalis yang akan dipresentasikan pada tahap final di Universitas Sumatera Utara pada 29 April 2016. Dari 10 tim yang berhasil lolos sampai tahap final adalah tim Surya University yang diikuti oleh 2 tim Universitas Airlangga (Surabaya), 1 tim Universitas Sebelas Maret (Solo), 1 tim Politeknik Bandung (Bandung), 1 tim Universitas Balikpapan (Balikpapan), 1 tim Universitas Diponogoro (Semarang), 1 tim Universitas Tanjungpura (Pontianak), 1 tim Universitas negeri Yogyakarta (Yogyakarta) dan 1 tim Univesitas Jenderal Soedirman (Purwokerto).

Pada tahap final, masing – masing peserta harus mempresentasikan makalah dalam bentuk slide power point yang harus sudah dikumpulkan kepada panitia pada hari kedatangan di Medan (28 April 2016) dengan ketentuan maksimal 12 slide. Pada 29 April 2016, presentasi dilaksanakan di Auditorium FKM Universitas Sumatera Utara tepat pukul 09.45 WIB Pada 30 April 2016 pengumuman juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional FKM Universitas Sumatera Utara resmi diumumkan dimana: Juara 1 diperoleh oleh Tim Universitas Negeri Yoyakarta (Yogyakarta), Juara 2 diraih Tim Universitas Airlangga (Surabaya), Juara 3 Universitas Dipenogoro (Semarang), Juara Harapan 1 Tim Universitas Airlangga (Surabaya), Juara Harapan 2 Tim Surya University, dan Juara Harapan 3 Tim Universitas Balikpapan (Balikpapan).

“Pengalaman yang sangat berharga diperoleh dalam keikutsertaan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di USU. Partisipasi kami dalam lomba tersebut sekaligus memperkenalkan kampus Surya Univeristy dikanca Nasional. Selain itu, adapula seminar nasional yang dibawakan oleh Aktivis Lingkungan Danau Toba, Profesor Gizi FKM USU, dan Dosen Kesehatan Masyarakat  yang banyak memberikan ilmu tentang pentingnya gizi bagi kesehatan dan kemajuan sumber daya manusia (SDM), perlindungan dan pengelolaan ekosistem Danau Toba secara swadaya dan pentingnya peranan sarjana dalam membangun kemajuan bangsa terkait keehatan masyarakat dan lingkungan.Medan persaingan melawan peserta yang sudah beberapa kali mengikuti lomba karya tulis ilmiah menjadi semangat dan tantangan tersendiri bagi tim kami. Meskipun tim kami hanya berhasil meraih juara harapan 2, tetapi hal tersebut sudah sangat baik mengingat kami baru pertama kali mengikuti lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional”.

Namun keberhasilan tersebut tidak luput dari kehendak Tuhan YME diiringi usaha dan semangat beserta doa dari orang tua dan segala civitas akademika Surya University. Tim Surya University mampu bersaing di tingkat nasional bahkan global, kuncinya adalah Semangat, Usaha dan doa agar mampu bersaing untuk mengaharumkan Indonesia dan Surya University. Salam Indonesia Jaya !!!  

Berita Lainnya