Kunjungan Prodi Teknik Lingkungan ke PDAM Tirta Kerta Raharja

Tanggal 2 Juni 2016 Program Studi Teknik Lingkungan Surya University dengan dibimbing oleh dua dosen, yakni ibu Andita Rachmania dan bapak Chris Salim kembali mengadakan kunjungan, kunjungan kali ini kami pergi ke PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa  informasi mengenai bagaimana PDAM Tirta Kerta Raharja mengelola suplai air di daerah Tangerang dengan bahan baku dari air sungai Cisadane, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa teknik lingkungan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan air bersih.

Acara kunjungan ini dimulai dengan pembukaan oleh kepala Satuan sekretariat perusahaan ibu Sri Asih Hastuti dan dosen pembimbing kami bapak Chris Salim. Mahasiswa Teknik Lingkungan pun disambut dengan hangat oleh pihak PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. Pada sesi pertama para mahasiswa Surya University diberi pengenalan terlebih dahulu tentang sejarah PDAM Tirta Kerta Raharja serta cakupan pelayanan dan proyeksi rencana pengembangan PDAM TKR kedepannya. Selanjutnya, kepala satuan penelitian dan pengembangan ibu Ardiyah Sujaningsih, didampingi oleh Kepala bidang Humas, dan Asisten Proyek dari PDAM TKR menjelaskan informasi teknis PDAM seperti tentang pengolahan air yang diterapkan oleh PDAM, potensi & strategi pengembangan bisnis PDAM kedepannya, dan terakhir tentang target yang harus dicapai perusahaan untuk memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat Tangerang.

Setelah itu, sesi dilanjutkan oleh bapak Ahmad Rizal sebagai ahli di bidang sistem informasi geografi memberikan pemaparan materi mengenai jaringan perpipaan PDAM Tirta Kerta Raharja. Beliau menjelaskan bagaimana pipa bisa terdistribusikan sampai kepada konsumen sehingga konsumen dapat menikmati suplai air bersih dari PDAM langsung serta betapa pentingnya penyimpanan data-data jaringan perpipaan iu sendiri. Tak lupa dengan sesi tanya jawab untuk mahasiswa dapat bertanya langsung. Pada akhir sesi, ditutup oleh kunjungan lapangan di PDAM, antara lain melihat secara langsung kegiatan aktivitas lingkungan kerja dan cara sistem produksi pengolahan air minum serta pengolahan air yang diterapkan oleh PDAM TKR, tak lupa para mahasiswa serta pihak PDAM TKR mengambil foto bersama.

Demikian rangkaian kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh Prodi Teknik Lingkungan dengan adanya kunjungan ini, kami berharap dapat menjalin hubungan yang baik antara kampus Surya University dengan PDAM Tirta Kerta Rahaja. Adapun sangat bermanfaat informasi-informasi dan ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa Teknik Lingkungan dalam memahami proses pengelolaan air bersih maupun pengolahan air kotor itu sendiri.

Berita Lainnya