MENTION (Mangrove Ecosystem Needs Restoration)

Mention atau “Mangrove Ecosystem Needs Restoration” merupakan acara penanaman mangrove dengan tema Small Action for Greeneration. Acara ini di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bioteknologi dan Neurosains (HMBN) dan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HMPS GE) untuk menjaga dan melestarikan daerah pesisir Pulau Untung Jawa.

Mention diadakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016 di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Peserta kegiatan tidak hanya dikhususkan bagi mahasiswa Program Studi Bioteknologi dan Neurosains dan mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan, tetapi dibuka pula untuk mahasiswa dari seluruh program studi di Surya University dan juga dari luar Surya University. Total peserta kegiatan ini adalah 166 peserta yang terdiri dari 136 mahasiswa Surya University dan 10 dari luar Surya University.

Seluruh peserta berkumpul pukul 05.00 WIB di pintu depan Surya University Campus Hub yang terletak di Unity Tower Building, Gading Serpong. Pada Pukul 6.15 WIB bus berangkat menuju pelabuhan Tanjung Pasir setelah seluruh peserta yang sudah diabsen masuk ke dalam 3 bus yang sudah disediakan.

Untuk dapat sampai di Pulau Untung Jawa, peserta harus menaikki perahu selama 45 menit perjalanan dari pelabuhan Tanjung Pasir. Sesampainya di Pulau Untung Jawa, seluruh peserta berkumpul di basecamp untuk mendengarkan kata sambutan dari ketua acara dan salah satu perwakilan dari masyarakat Untung Jawa.

Acara puncak dari Mention yang berupa penanaman mangrove disambut antusias oleh para peserta. Di kawasan pesisir pantai Pulau Untung Jawa, seluruh peserta berpartisipasi untuk menanam 2000 bibit mangrove. Bibit mangrove tersebut berasal dari donatur dan volunteer yang ikut mendukung untuk menjaga kelestarian dan keberlangsung ekosistem di Pulau Untung Jawa. Selain pihak-pihak tersebut, terdapat juga pihak sponsor dari Smartfren dan Pertamina yang turut menyukseskan acara penanaman mangrove ini.

Acara Mention dilanjutkan dengan kegiatan water sport berupa donut, banana boat dan snorkling yang menjadi salah satu mata pencaharian dari masyarakat pesisir Pulau Untung Jawa. Para peserta dapat menikmati keindahan Pulau Untung Jawa melalui kegiatan water sport ini.

Kegiatan di Pulau Untung Jawa diakhiri dengan makan bersama yang dibuat oleh masyarakat dari Pulau Untung Jawa. Setelah makan siang, seluruh peserta naik ke perahu untuk kembali ke pelabuhan Tanjung Pasir. Sesampainya di pelabuhan Tanjung Pasir, seluruh peserta naik ke bus masing-masing untuk menempuh perjalanan pulang menuju Gading Serpong.

Dengan adanya acara Mention ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan. Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap ekosistem mangrove dapat membantu untuk mengatasi masalah menurunnya kualitas dan kuantitas potensi sumber daya ekosistem pesisir pantai Untung Jawa yang dihadapi saat ini.

Berita Lainnya

Surya University
Program Studi Bioteknologi di Surya University mengajarkan mahasiswa bahwa semua bidang bioteknologi adalah sangat berguna dimana berbagai aspek tersebut dilambangkan sebagai warna dalam bioteknologi. Bioteknologi merah berhubungan dengan kedokteran dan farmasi, misalnya berkaitan dengan pembuatan antibiotik, analisa penyakit di laboratorium, penggunaan stem cells, dll. Bioteknologi abu-abu berkenaan dengan aspek lingkungan, seperti bioremediasi, yaitu penggunaan mikroba untuk menanggulangi masalah pencemaran lingkungan. Bioteknologi putih berhubungan dengan industri, seperti produksi plastik biodegradable dan biodiesel. Bioteknologi hijau berkaitan dengan pangan dan tumbuh-tumbuhan, seperti fermentasi tempe, tauco, oncom, dan alcohol. Bioteknologi biru berhubungan dengan kelautan, seperti cara pengawetan ikan dan berbagai biota laut lainnya.