B’ROANG 2016 (BioNeuro Berpetualang)

B’ROANG 2016 atau BioNeuro Berpetualang adalah acara company visit yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bioteknologi dan Neurosains (HMBN) Universitas Surya. Acara ini diadakan untuk menambah wawasan dan referensi para mahasiswa khususnya terkait tempat magang bagi angkatan 2014 maupun tempat skripsi bagi angkatan 2013.

B’ROANG 2016 diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari Selasa, 26 Juli 2016 hingga Kamis, 28 Juli 2016. Peserta kegiatan tidak hanya dikhususkan bagi seluruh mahasiswa Program Studi Biologi, tetapi dibuka pula untuk mahasiswa dari seluruh program studi. Tahun ini, B’ROANG 2016 mengunjungi empat buah perusahaan yang terletak di Bekasi dan Bandung.

Peserta berkumpul pada pukul 05.30 WIB di pintu depan Surya University Campus Hub yang terletak di Unity Tower Building, Gading Serpong. Pengabsenan kemudian dilakukan untuk memastikan tidak ada peserta yang tertinggal. Seusai pengabsenan, seluruh peserta masuk ke dalam bis dan berangkat menuju Bekasi untuk mengunjungi perusahaan pertama yakni PT Inaco.

PT Inaco merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang pembuatan produk berbahan dasar nata de coco dan jeli. Rombongan peserta disambut oleh Bu Vera, selaku staff HRD PT Inaco. Company visit yang berdurasi selama 2,5 jam ini meliputi presentasi terkait PT Inaco, presentasi tentang produk-produk yang dihasilkan PT Inaco, sesi tanya jawab, mini shopping produk-produk PT Inaco, serta tour mengunjungi lokasi produksi jeli dan lokasi packaging. Kunjungan ke PT Inaco ditutup dengan penyerahan plakat kepada PT Inaco yang diwakili oleh Bu Vera dan Indra Memdi Khoris selaku Ketua HMBN, pembagian goodie bag kepada peserta, dan dilakukannya foto bersama seluruh peserta di PT Inaco.

Seusai kunjungan ke PT Inaco, perjalanan dilanjutkan untuk mengunjungi PT KAO. PT KAO Indonesia merupakan cabang perusahaan Jepang yang bergerak dalam bidang pembuatan produk terkait sanitasi, seperti popok, sabun mandi, sabun deterjen, body lotion, dan pembalut. Bu Inez yang merupakan staff HRD PT KAO menyambut kedatangan rombongan peserta. Company visit yang berdurasi selama 2 jam ini meliputi demo kelebihan produk-produk PT KAO dibandingkan produk-produk perusahaan yang lain, presentasi tentang PT KAO, presentasi tentang produk-produk yang dihasilkan PT KAO, sesi tanya jawab, serta tour mengunjungi lokasi packaging deterjen Easy, deterjen JAZ1 dan popok Merries. Kunjungan ke PT KAO ditutup dengan penyerahan plakat kepada PT KAO yang diwakili oleh salah satu staff HRD dan Andrean Gandawijaya selaku Ketua Panitia B’ROANG 2016, dilakukannya foto bersama seluruh peserta di PT KAO, serta pembagian goodie bag kepada peserta. Dengan berakhirnya company visit di PT KAO, berakhirlah pula rangkaian acara kunjungan perusahaan untuk hari pertama. Para peserta kemudian melanjutkan perjalanan menuju Vila Setiabudi, Bandung, untuk beristirahat.

Pada hari kedua, peserta mengunjungi Biofarma yang merupakan satu-satunya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penghasil vaksin di Indonesia. Peserta disambut oleh Bu Nadia, salah satu staff HRD Biofarma. Company visit yang berdurasi 2 jam ini meliputi presentasi tentang Biofarma, presentasi tentang vaksin-vaksin yang dihasilkan Biofarma, sesi tanya jawab, serta tour megunjungi museum Biofarma. Kunjungan ke Biofarma ditutup dengan penyerahan plakat kepada Biofarma yang diwakili oleh Bu Nadia dan Andrean Gandawijaya, dan dilakukannya foto bersama seluruh peserta di Biofarma.

Seusai company visit, para peserta dibawa ke tempat wisata untuk menikmati keindahan alam Bandung, yaitu Farm House dan Curug Cimahi. Seusai puas menikmati wisata alam Bandung, para peserta dibawa menuju Paris van Java untuk berjalan-jalan sekaligus makan malam. Kemudian, para peserta kembali ke vila dan beristirahat.

Pada hari ketiga, para peserta bersama-sama membersihkan vila dan membereskan barang bawaan masing-masing untuk dibawa kembali dalam perjalanan pulang. Sebelum melakukan perjalanan pulang, para peserta melakukan company visit terakhir yaitu Balai Inseminasi Buatan Lembang. BIB Lembang merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam penyediaan semen sapi beku untuk keperluan inseminasi buatan. Salah satu staff HRD BIB dengan ramah menyambut kedatangan para peserta. Company visit berdurasi 2 jam ini meliputi presentasi tentang BIB, presentasi tentang cara perolehan semen, sesi tanya jawab, serta tour mengelilingi kandang sapi. Kunjungan ke BIB ditutup dengan penyerahan plakat kepada BIB yang diwakili oleh seorang staff HRD BIB dan Andrean Gandawijaya, dan dilakukannya foto bersama seluruh peserta di BIB.

Para peserta dibawa menuju Rumah Mode, Ciwalk, dan Kartika Sari untuk membeli buah tangan, setelah itu barulah meneruskan perjalanan pulang. Tiba kembali di Gading Serpong menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan B’ROANG 2016. Semoga kegiatan ini memberikan inspirasi serta wawasan bagi para peserta terutama mengenai perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang Bioteknologi, Neurosains, dan Ilmu Hayati di Indonesia.

Berita Lainnya

Surya University
Program Studi Bioteknologi di Surya University mengajarkan mahasiswa bahwa semua bidang bioteknologi adalah sangat berguna dimana berbagai aspek tersebut dilambangkan sebagai warna dalam bioteknologi. Bioteknologi merah berhubungan dengan kedokteran dan farmasi, misalnya berkaitan dengan pembuatan antibiotik, analisa penyakit di laboratorium, penggunaan stem cells, dll. Bioteknologi abu-abu berkenaan dengan aspek lingkungan, seperti bioremediasi, yaitu penggunaan mikroba untuk menanggulangi masalah pencemaran lingkungan. Bioteknologi putih berhubungan dengan industri, seperti produksi plastik biodegradable dan biodiesel. Bioteknologi hijau berkaitan dengan pangan dan tumbuh-tumbuhan, seperti fermentasi tempe, tauco, oncom, dan alcohol. Bioteknologi biru berhubungan dengan kelautan, seperti cara pengawetan ikan dan berbagai biota laut lainnya.