Seminar: Novel and Innovative Solar Photovoltaics (PV) Systems Design for Tropical Regions with Many Islands

Pada 24 Januari 2014 lalu telah berlangsung seminar di kampus Universitas Surya yang merupakan kegiatan rutin bernama research day yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik, berkoordinasi dengan Program Studi Teknik Fisika, Universitas Surya. Seminar kali ini mengangkat tema “Novel and Innovative Solar Photovoltaics (PV) Systems Design for Tropical Regions with Many Islands”. Seminar diisi oleh pembicara Prof. Arief Suriadi Budiman, Ph.D. yang merupakan direktur Center of Photovoltaic, Surya University. Seminar ini dihadiri oleh dosen Program Studi Teknik Fisika Dr. Rudi Irawan, Dr. Eng. Niki Prastomo, Vincent Adhi Handara, M.Sc., dan Jeffrey Tanudji, M.Sc. serta mahasasiswa Program Studi Teknik Fisika, Universitas Surya.

Sel surya merupakan salah satu energi terbarukan yang memanfaatkan energi cahaya matahari sebagai sumbernya. Sel surya mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Sel surya sangat cocok bila dikembangkan di Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki iklim tropis dengan letaknya yang berada di garis khatulistiwa. Kondisi ini menyebabkan Indonesia mendapat paparan radiasi sinar matahari yang optimal. Dari dasar itu lah Fakultas Teknik, Universitas Surya menyelenggarakan seminar “Novel and Innovative Solar Photovoltaics (PV) Systems Design for Tropical Regions with Many Islands”.

Pada seminar ini, Prof. Arief Suriadi Budiman, Ph.D. memaparkan teknologi yang berkaitan dengan sel surya. Peserta seminar mendapat penjelasan terkait pengertian sel surya, pembuatan sel surya, manufacturing sel surya, dan perkembangannya di Indonesia dan dunia.

Berita Lainnya