Indahnya Berbagi dan Bersilaturahmi di Bulan yang Penuh Berkah

Gema Ramadhan merupakan serangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Keluarga Muslim (FKM) Andalusia Surya University setiap bulan Ramadhan.  Gema Ramadhan tahun ini dilaksanakan selama empat hari dimulai pada tanggal 16 Juni 2016 dan berakhir 19 Juni 2016 dengan tema Berbagi dan Silaturahmi. Gema Ramadhan terdiri dari berbagai rangkaian acara yaitu Fun Mentoring, Fantastic Musabaqoh dan acara puncak yang diberi nama TAKBIR (Trust To Allah and Take Blessing in Ramadhan).

Pada tanggal 16 dan 17 Juni 2016, dilaksanakan rangkaian acara yang pertama yaitu Fun Mentoring. Kegiatan Fun Mentoring dihadiri oleh ±120 anak yatim, piatu, dhuafa sekitar gading serpong dan peserta didik Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Tahfidz Asmaul Husna usia 4 tahun hingga 15 tahun. Pada kegiatan fun mentoring ini anak-anak di ajak bermain sambil belajar bersama kakak-kakak mentor yang merupakan mahasiswa Surya University. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai usia, agar materi tersampaikan dengan baik dan sesuai dengan usia.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Fantastic Musabaqoh yang diadakan pada tanggal 18 Juni 2016. Peserta fantastic musabaqoh adalah anak-anak yang telah mengikuti kegiatan fun mentoring pada hari pertama dan hari kedua. Terdapat empat perlombaan yaitu tahfidz, da’i cilik, kaligrafi dan adzan. Para peserta sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti lomba terlihat dari terdapat beberapa anak yang mendaftar lebih dari satu lomba dan kehadiran peserta yang lebih awal dari jadwal yang dijanjikan.

Hari terakhir dari kegiatan Gema Ramadhan 1437 H yaitu tanggal 19 Juni 2016. Hari terakhir ini merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian yang telah terselenggara. Acara puncak ini dihadiri oleh anak-anak peserta fun mentoring, tamu undangan dan mahasiswa serta peserta umum. Acara puncak dimulai pukul 13.00. Rangkaian acara puncak terdiri dari pengumuman pemenang fantastic musabaqoh, penampilan dari para peserta fun mentoring bersama mentor, tausiyah, doa bersama dan santunan anak-anak yatim.  Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Eri Setiawan dengan tema materi Becoming SIP. Ustadz Eri menyampaikan materi dalam bentuk yang fun dengan mengajak para peserta terutama anak-anak untuk saling berinteraksi. Dalam tausiyahnya ustadz Eri berpesan kepada para peserta terutama kepada anak-anak untuk selalu mengakui kesalahan yang telah diperbuat, karena orang-orang sukses bukan orang-orang yang tidak pernah berbuat kesalahan dan namun orang-orang sukses adalah orang yang selalu mengakui kesalahannya. Rangkaian kegiatan Gema Ramadhan 1437H ditutup dengan doa bersama dan santunan kepada anak-anak yatim, piatu dan dhuafa.

Berita Lainnya