Sakura Science Program 2018 Jepang

SMA GenIUS bersama-sama dengan SMAN 17 Kabupaten Tangerang, SMAN 23 Kabupaten Tangerang dan SMA Lazuardi GIS mengirimkan 10 (sepuluh) siswa terbaik mereka yaitu Marcia Ann, Alvionita Kogoya, Theodora Valerie, Ayu Prima Millenia Rogi, Apsa Taplo, Martha Catalina Ariane Widodo, Adisha Dwiputri, Mohammad Rayhan Hernadi Malano, Srikandi Ayu Hadi, dan Radita Pramesti Utami sebagai peserta Sakura Science Program (SSP) 2018. Program ini terselenggara berkat kerjasama antara Surya University (SU) dengan Ashikaga University , Jepang.

Pelaksanaan SSP 2018 ini berlangsung pada 19-27 Agustus 2018. Pada saat program berlangsung, Alvionita, Valerie dan Millen sudah menjadi mahasiswa berturut-turut dari SU, UGM, dan ITB dan sudah mengurus perijinan tidak hadir dalam perkuliahan mereka masing-masing. Kesepuluh siswa terbaik yang dipimpin oleh Bapak Harykin Muliono, Kepala SMA Genius, tersebut merupakan peserta SSP 2018 dari Indonesia.

Kelas persiapan pun telah dilaksanakan beberapa kali pada Juli dan Agustus 2018 dengan beberapa narasumber ahli, seperti Dr.-Ing. Pudji Untoro (Anggota Dewan Energi Nasional, Unsur Pemangku Kepentingan Bidang Teknologi, Republik Indonesia), Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc. (Pembantu Rektor Universitas Surya), dan Bu Noriko Kano (Penutur Asli Bahasa Jepang). Pada satu hari sebelum keberangkatan para peserta menjalani masa karantina selama satu hari satu malam pada 18 Agustus 2018. Pada masa karantina tersebut, para siswa mendapatkan serangkaian pembekalan akhir, yaitu: kelas Bahasa Jepang (oleh Bu Noriko Kano), kelas Metodologi Penelitian (oleh Pak Niki Prastomo), kelas koreografi dan tata rias (oleh Bu Azalia Herma).

Minggu, 19 Agustus 2018 merupakan hari keberangkatan para peserta SSP 2018 menuju negeri Sakura, JEPANG. Kegiatan SSP 2018 dibuka secara resmi dalam Upacara Pembukaan pada Senin, 20 Agustus 2018. Pada sore harinya, Welcome Party dilangsungkan pula dengan dihadiri beberapa perwakilan mahasiswa internasional Ashikaga University. Walaupun Upacara Penutupan dilangsungkan pada Jumat, 24 Agustus 2018, kegiatan inti dari SSP 2018 ini masih berlangsung hingga Senin, 27 Agustus 2018. Pada sore hari Senin tersebut, para peserta kembali ke tanah air tercinta, Indonesia.

Adapun kegiatan SSP 2018 ini terdiri dari empat bagian utama. Bagian pertama adalah Bengkel Kerja Energi Terbarukan yang berlangsung selama tiga hari (20, 21, dan 24 Agustus 2018) di Ashikaga University, Kota Ashikaga, Prefektur Tochigi, Jepang. Bagian kedua merupakan 2 (dua) hari kunjungan (22-23 Agustus 2018) para peserta SSP ke berbagai tempat sejarah, museum kebudayaan dan museum teknologi di Prefektur Tochigi, Jepang. Kebersamaan selama lebih dari sehari penuh (25 Agustus 2018) dengan penduduk lokal Jepang dalam program home-stay menjadi bagian ketiga SSP 2018 yang tidak akan terlupakan oleh masing-masing peserta SSP ini. Sebagai bagian keempat SSP 2018 ini, kunjungan ke beberapa tempat di Kota Tokyo (26-27 Agustus 2018) melengkapi pengalaman para peserta SSP akan negeri JEPANG ini.

 

Berita Lainnya