Pelatihan Tenaga Terampil Bidang Elektrikal Surya University bersama Schneider Electric dan PATI

Dengan disponsori oleh Schneider Electric (sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang energi dan automisasi listrik) Surya University bersama dengan PATI (Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia) wilayah Banten mengadakan lokakarya/ pelatihan bersertifikat menghasilkan tenaga trampil generasi muda dalam bidang instalasi unit tenaga surya.

Pelatihan ini dibuka tgl 24 Agustus oleh Asisten Daerah Tata Praja (Asda I) - Pemda Banten dan Rektor Universitas Surya, dihadiri oleh perwakilan Distamben (Dinas Pertambangan dan Energi) dan diadakan di sekolah ISEC (Institute of Science and Education Center), Serang, Banten.

Pelatihan ini akan diadakan setiap hari Sabtu selama 6 minggu (tanggal 24 Agustus -  22 September 2018 ) dan diikuti oleh sekitar 25 orang peserta yang berasal dari Serang, Lebak, Cilegon dan daerah sekitarnya, melibatkan para dosen dan mahasiswa program studi Physics Energy Engineering (Teknik Fisika) dan Green Economy (Ilmu Ekonomi Pembangunan) sebagai pelatihnya.

Acara pelatihan pada hari Sabtu 25 Agustus 2018 dimulai dengan pengisian daftar hadir oleh peserta pelatihan kemudian peserta memasuki ruangan pelatihan. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 25 orang yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Banten. Selanjutnya  dilaksanakan pengarahan mengenai tata tertib selama kegiatan pelatihan oleh Dr. Eko dari PATI, Banten. Peserta mendapat kartu peserta dan book note.

Acara selanjutnya brieifing peserta oleh dosen program studi Physics Energy Engineering (Teknik Fisika) -Surya University, Bapak Robi Sobirin, M.Si. Peserta diberikan penjelasan mengenai jadwal pelatihan, materi pelatihan, serta modul praktek yang akan didapat selama pelatihan. Selain itu, dijelaskan pula mengenai latar belakang mengenai energi tenaga surya (solar energy) sebagai energi baru dan terbarukan. Selain energi surya, program studi Teknik Fisika Surya University juga memiliki konsistensi dalam energi terbarukan lainnya yaitu energi hidro (hydro energy), energi panas bumi (geothermal energy), dan energi bayu (wind energy) serta penyimpanan energi (energy storage and energy sink technology).

Setelah dilaksanakan briefing, selanjutnya merupakan sesi penjelasan teori mengenai dasar-dasar listrik dan panduan instalasi rumah dan gedung, standar-standar dalam instalasi. Kegiatan ini dipandu oleh dosen program studi Teknik Fisika Surya University, Ibu Sylvia Ayu Pradanawati, Ph.D. Kegiatan dimulai dengan pre test untuk mengetahui pemahaman peserta mengenai dasar-dasar listrik sebelum kegiatan pelatihan, dan diakhiri dengan post test. Hal ini untuk mengeatahui dan evaluasi pemahaman peserta setelah pemaparan teori dasar-dasar listrik.

Sesi selanjutnya merupakan kegiatan praktek. Kegiatan ini dipandu oleh Robi Sobirin, M.Si dan dibantu oleh Suhandinata, salah seorang mahasiswa Teknik Fisika – Surya University. Terdapat tiga modul yang dipraktekan oleh peserta yaitu pertama pemasangan kWh meter, MCb, ELCB, dan MCB Box, kedua modul saklar tukar, dan ketiga saklar tukar. Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik dan peserta dapat melakukan praktikum sesuai arahan dari pembimbing.

Kegiatan berakhir pada jam 15.00 dan dilanjutkan dengan foto bersama antara peserta, instruktor dan ketua PATI Banten.

 

Berita Lainnya