Kunjungan Studi Mahasiswa Program Studi Agribusiness SU ke PT. Rimba Jaya Mushroom, BALITNAK, PT. SWEN IT & PT. Jumbo Bintang Lestari

Seluruh mahasiswa (angkatan 2014 - 2017) dan beberapa dosen Program Studi Agribisnis melakukan kunjungan studi ke beberapa badan usaha dan instansi, PT. Rimba Jaya Mushroom, BALITNAK,  PT. SWEN IT dan PT. Jumbo Bintang Lestari pada tanggal 29 dan 30 November 2017. Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan pengalaman secara langsung bagi seluruh mahasiswa mengenai gambaran usaha-usaha pada dunia pertanian, dimana hal ini akan menambah pengetahuan yang dibutuhkan oleh mahasiswa agribisnis.

Rabu (29/11/2017), PT. Rimba Jaya Mushroom menjadi tempat kunjungan studi pertama. Pemilik usaha ini, Bapak Guntur Irawan Salim, SP, SE, menyambut langsung kedatangan mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dijelaskan mengenai latar belakang terbentuknya PT. Rimba Jaya Mushroom, serta hambatan yang dihadapi dan peluang pasar usaha jamur. Kegiatan dilanjutka dengan pengarahan oleh pemilik dan memperlihatkan secara langsung bagaimana proses dari pembuatan media tanam (baglog), pembibitan jamur hingga panen. Pemilik juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan pemanenan jamur. Rasa antusiasme mahasiswa sangat tinggi, selama kunjungan mahasiswa aktif memberikan pertanyaan.

Mahasiswa dan dosen melanjutkan kegiatan kunjungan ke instansi berikutnya, BALITNAK (Balai Penelitian Ternak), Ciawi, Bogor, yang letaknya juga tidak jauh dari tempat pertama. Salah satu perwakilan dari BALITNAK menyambut baik kedatangan para mahasiswa dan dosen. Para mahasiswa dan dosen dibekali dengan gambaran umum mengenai penelitian-penelitian yang sudah dilakukan dan temuan terbaru oleh BALITNAK. Setelah melakukan sedikit pengarahan, pihak BALITNAK mengajak para mahasiswa dan dosen mengelilingi kawasan BALITNAK dan memperlihatkan kandang pemeliharaan unggas (ayam), dan beberapa ternak (kelinci, kambing, domba, kerbau dan sapi). Pada pukul 14.00, para mahasiswa dan dosen melanjutkan perjalanan ke lokasi kunjungan studi berikutnya.

PT. SWEN IT (Inovasi Transfer) adalah kunjungan studi terakhir untuk hari pertama. Mahasiswa dan dosen berkumpul dalam auditorium dan diberi paparan mengenai profil singkat perusahaan serta produk-produk inovasi yang sudah diciptakan dan dipasarkan. Perusahaan ini sudah melakukan pengiriman hamper ke seluruh wilayah di Indonesia. Produk unggulan dari perusahaan ini adalah biogas yang berasal dari limbah pertanian (feses ternak). Setelah selesai pemaparan, mahasiswa berkeliling dan diberikan demonstrasi tentang pemakaian alat-alat rumah tangga seperti lampu, kompor, oven dan ricecooker yang sumber energinya berasal dari biogas. Inovasi dari PT. SWEN IT tersebut sangat membantu pemerintah dalam mennggunakan bergai energi-energi alternatif yang ramah akan lingkungan. Masih di hari yang sama, malamnya mahasiswa melakukan kegiatan “Makrab (Malam Keakraban)” di salah satu penginapan/villa di Parung Panjang. Kegembiraan yang tercipta mempererat hubungan silaturahmi antara para mahasiswa dan dosen. Makrab tersebut diisi dengan acara makan bersama, konseling, olahraga pagi serta games yang menarik.

Hari kamis (30/11/2017), para mahasiwa dan dosen melanjutkan kembali kunjungan ke PT Jumbo Bintang Lestari. PT. Jumbo Bintang Lestari merupakan salah satu badan usaha yang bergerak di bidang budidaya pembesaran ikan lele dumbo yang telah berdiri sejak tahun 1995. Berlokasi di Jalan Pahlawan, Desa Cibinong, Bogor, PT. Jumbo Bintang Lestari ini merupakan salah satu pemasok pasar-pasar dan juga mendistribusikan lele ke beberapa desa di dalam dan di luar Bogor. Lahan yang digunakan sebagai kolam di usaha ternak lele ini cukup luas, sehingga secara tidak langsung pemilik sudah mendirikan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar. Setelah seluruh kegiatan berakhir, Ketua Program Studi Agribisnis tidak lupa memberikan kenang-kenangan berupa goodie-bag Universitas Surya dan sertifikat kepada pihak PT. Jumbo Bintang Lestari dan kembali ke Universitas Surya sore harinya.

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.