Liputan Media: Menanamkan Kewirausahaan Kepada Anak Hebat Anak Indonesia

JPNN.com, TANGERANG - Sebanyak 150 siswa sekolah dasar, 17 guru dan 20 relawan meramaikan ajang Anak Hebat Anak Indoenesia (AHAI) yang digelar di MI Miftahul Huda, Kabupaten Tangerang, Sabtu (3/3).

AHAI merupakan program yang dirancang oleh PT Sociopreneur Hub Indonesia untuk menanamkan jiwa kewirausahaan dini untuk siswa sekolah dasar. Ajang ini dilaksanakan bekerja sama dengan Program Studi Technopreneurship dan Agribusiness Surya University.

AHAI dirancang sebagai program yang memberikan pembekalan mengenai kewirausahaan dini dengan mengembangkan berbagai karakteristik seperti empati, kreativitas, imajinasi, kerja sama tim, dan kemampuan berkomunikasi pada siswa sekolah dasar.

Dengan tujuan utama yaitu membangun anak Indonesia yang kreatif dan inovatif, AHAI berkomitmen dalam membangun anak Indonesia yang kreatif, percaya diri, mampu menciptakan nilai tambah, dan kolaboratif melalui serangkaian modul permainan.

Acara AHAI dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diikuti dengan kata sambutan oleh Christian Putera selaku ketua acara AHAI dan Hasan Basri sebagai kepala sekolah MI Miftahul Huda.

Beberapa aktivitas AHAI meliputi permainan chocopops (membentuk remahan biskuit menjadi bola-bola biskuit menggunakan berbagai macam bahan makanan), pot tarian jari-jari (melukis menggunakan tangan sebagai pengganti kuas), bintang impian (memperkenalkan berbagai macam profesi dan memotivasi siswa untuk meraih cita-citanya), dan menanam mimpi (menanam tumbuhan).

“AHAI memberikan stimulus pada anak-anak mengenai pentingnya empati, kreativitas, dan inovasi. Anak-anak juga diberikan sebuah pembekalan melalui pemecahan masalah (problem solving), berpikir secara kritis (critical thinking), dan memupuk sifat percaya diri (self-esteem),” ujar Christian.

Sumber: https://www.jpnn.com/news/menanamkan-kewirausahaan-kepada-anak-hebat-anak-indonesia
Foto: JPNN.com

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.