Tim Teknik Lingkungan Universitas Surya Raih Juara I Lomba Debat Nasional Greeneration 2017, Yogyakarta

“Champion”, predikat tersebut disematkan kepada Tim Debat Teknik Lingkungan Universitas Surya yang terdiri dari Ivan Hartanto (Angkatan 2014), Riski Setiadi (Angkatan 2014), dan Tasia Rosalina Tedjo Purnomo (Angkatan 2015) setelah berhasil merebut juara I dalam Lomba Debat Nasional event Greeneration 2017. Greeneration 2017 merupakan rangkaian acara bertema lingkungan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional (HMTL UPN) “Veteran” Yogyakarta pada tanggal 12-14 Mei 2017. Tema yang diusung dalam kompetisi debat tersebut adalah “Sungai dan Lingkungan” dengan mengangkat studi kasus Kali Code, sebagai salah satu sungai besar yang memiliki keunikan budaya sekaligus permasalahan lingkungan di Yogyakarta. Terkait tema tersebut, para peserta lomba debat Greeneration 2017 mendapat kesempatan untuk melakukan observasi lapangan di Kali Code terlebih dahulu sebelum menghadapi debat pada hari pertama, yakni pada tanggal 12 Mei 2017.

Setelah melewati tahap pra-kompetisi yang terdiri dari seleksi berkas dan administrasi, Tim Debat Teknik Lingkungan Universitas Surya berangkat ke Yogyakarta untuk berkompetisi menghadapi 9 tim debat dari berbagai universitas di Indonesia. Dalam tahap kualifikasi awal pada tanggal 13 Mei 2017, Tim Debat Teknik Lingkungan Universitas Surya berhasil memenangkan ketiga babak kualifikasi tersebut sebagai 1st breaking team dengan skor tertinggi, melawan tim debat Universitas Islam Indonesia (UII), Institut Teknologi dan Sains Nasional Akademi Perindustrian (ITSN AKPRIND) Yogyakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Pada babak kualifikasi ini, salah satu pembicara dari Tim Debat Teknik Lingkungan Surya berhasil menyabet nominasi sebagai Pembicara Terbaik Ketiga oleh para juri, yakni Tasia Rosalina Tedjo Purnomo. Adapun topik permasalahan atau mosi dalam debat pada babak kualifikasi sebenarnya tidak hanya membahas soal lingkungan, namun juga mengangkat aspek sosial, politik, dan psikologis.

Pada hari ketiga tanggal 14 Mei 2017, turut diselenggarakan rangkaian acara lain Greeneration 2017 yaitu seminar nasional dan talkshow “Eco-sustainable Development” yang secara unik diintegrasikan dengan acara hiburan, yakni menonton bersama film “Critical Eleven” di bioskop CGV blitz Hartono Mall Yogyakarta. Setelah seminar nasional berakhir, acara dilanjutkan dengan babak semifinal dan babak final lomba debat nasional di gedung Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta. Tim Debat Teknik Lingkungan Universitas Surya yang lolos babak kualifikasi maju menghadapi tim UPN “Veteran” Yogyakarta A dalam babak semifinal, dan menghadapi tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada babak final dengan mosi debat “Eco-terrorism”. Akhirnya, pada pengumuman juara Awarding Night di Grand Keisha Hotel Yogyakarta, tim Debat Teknik Lingkungan Universitas Surya berhasil memenangkan gelar Juara I Lomba Debat Nasional Greeneration 2017, bersama dengan pengumuman juara Paper Contest dan Photo Contest lainnya.

Prestasi mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Surya dalam kompetisi debat nasional ini merupakan hal yang membanggakan, karena kompetisi ini menuntut mahasiswa teknik tidak hanya berkutat sebatas pada hal keilmuan dan teknis saja, namun juga untuk berpikir kritis dan terbuka terhadap berbagai isu yang berhubungan dengan masalah lingkungan dari segi ekonomi, politik, dan sosial. Selamat kepada mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Surya, teruslah tingkatkan prestasimu!

 

Berita Lainnya