Mahasiswa Teknologi Pangan SU Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Local Food Project HMPPI & KEHATI Indonesia”

Pada 15 Agustus 2017 lalu, tim perwakilan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dari Universitas Surya berhasil meraih juara pertama dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Local Food Project. Kegiatan ini diselenggarakan oleh HMPPI Pusat yang bekerjasama dengan KEHATI (Keanekaragaman Hayati Indonesia). Tim HMPPI SU ini berhasil menyisihkan puluhan peserta dari universitas lain, di mana tim tersebut sukses menggeser posisi tim perwakilan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Brawijaya di tempat ke-2 dan ke-3. Tim yang dibimbing oleh Bapak Warsono El Kiyat, S.TP., M.Si ini beranggotakan: Tania Yovani (NFT 2015 / 1501010034) sebagai ketua tim, Ferdian (NFT 2015 / 1501010043) dan Michelle Tamara Putri (NFT 2014 / 1401010017) sebagai anggota, yang merupakan mahasiswa dari program studi Nutrition and Food Technology.

Pada lomba ini, perwakilan tim HMPPI SU membuat karya tulis yang berjudul “Pemanfaatan Delima Putih (Punica granatum L.) dalam Pembuatan Marmalade”, di mana tema tersebut sesuai dengan salah satu tema lomba yaitu “Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis Pangan Lokal”. Dalam karya tulisnya, Tania Yovani dkk. menjelaskan bahwa delima putih merupakan salah satu buah di Indonesia yang semakin dilupakan dan ditinggalkan karena rasa daging buahnya yang cukup tawar dan warnanya yang kurang menarik, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan yang langka. Meskipun tergolong langka, buah ini memiliki banyak manfaat yang terkandung dalam daging dan kulit buahnya, sehingga perlu diolah menjadi marmalade untuk meningkatkan nilai ekonomi buah delima. Marmalade merupakan produk awetan sejenis selai yang terbuat dari buah masak, utuh, dalam potongan, atau dihancurkan dengan menambahkan bahan pangan yang memiliki sifat pemanis untuk mendapatkan semi cairan atau cairan kental. Dengan adanya pemanfaatan buah delima putih menjadi marmalade, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap buah delima putih sehingga delima putih semakin dikenal luas, dibudidayakan dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Prestasi yang membagakan ini sangat diapresiasi oleh universitas karena telah mengharumkan nama Surya University sebagai universitas pertama berbasis riset di Indonesia. Selain itu, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa akan potensi sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah, sehingga perlu untuk dimanfaatkan. Harapnnya, prestasi ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi bagi mahasiswa lain sebagai salah satu cara untuk berkontribusi dalam menorehkan tinta emas bagi SU di kancah nasional.

Berita Lainnya