Dosen Surya University Berbagi Pengalaman dalam Smart Education for Indonesia

Salah satu staf pengajar Surya University diundang sebagai pembicara di acara Seminar dan Talkshow Pendidikan yang bertajuk “Smart Education for Indonesia”. Warsono El Kiyat, S.TP., M.Si yang merupakan dosen dari jurusan Nutrition & Food Technology, Surya University berbagi pengalamannya saat menempuh pendidikan magister di 3 negara, yaitu Indonesia, Jepang dan Polandia. Selain itu, Warsono juga menjelaskan tips dan trik agar lolos beasiswa serta berbagai manfaat yang telah diperoleh selama berkuliah di luar negeri kepada sebanyak 200 peserta seminar yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan ini diselenggarakan pada 18 April 2017 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Politeknik Negeri Jakarta di Gedung Direktorat, PNJ – Depok. Bersama dengan 4 pembicara lain: Bayu Wirjoatmojo (CEO Top Karir), Datin Tarian Alysa Bachtiar, S.Sos, M.A (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Dunia), Nurul Intan S.Sos, M.Si (Kepala Kantor Internasional PNJ) dan Dr. Trimulyani Sunarharum, S.T (CEO Indonesia Scholar Journal), Warsono mampu memberikan motivasi kepada para peserta untuk melanjutkan studi. Antusiasme peserta sangat tinggi, yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada pembicara. Sesekali, Warsono juga memberikan beberapa joke pada peserta saat menceritakan kisah-kisah uniknya ketika kuliah di Eropa, tepatnya di Polandia, sehingga memberikan nuansa seminar yang lebih santai.

Saat ini, pemerintah sedang membuka peluang beasiswa kuliah di luar negeri sebesar-besarnya bagi pemuda Indonesia yang potensial agar bisa berkontribusi untuk negeri setelah menyelesaikan studi. Melalui banyak skema beasiswa yang diinisiasi oleh beberapa kementerian seperti Kemenristekdikti, Kemenkeu, Kemenag dan Kemenlu, Indonesia sedang mempersiapkan generasi penerusnya untuk menuju Indonesia Emas di tahun 2030 nanti, untuk menjadi negara yang maju. Surya University, yang merupakan universitas berbasis riset pertama di Indonesia sangat concern dengan cita-cita Indonesia tersebut. Tidak sedikit dari dosen lulusan universitas di luar negeri, direkrut oleh Surya University untuk mengabdi menjadi staf pengajar dan peneliti. Bravo Surya University, Menuju Indonesia Jaya!.

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.