Liputan Media: Baidu Ajak Mahasiswa Lakukan Kunjungan Edukasi Ke Tiongkok

Kompetisi bertajuk Baidu International Marketing Competition 2016 akhirnya sampai di tahap penghujung. Dari sekian banyak marketing plan yang di-submit oleh mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh Indonesia, sudah terpilih 10 orang dengan marketing plan terbaik sebagai finalis kompetisi tersebut.

Di hari Minggu (22/1/2017) adalah judgement day bagi para finalis. Mengambil tempat di Hongkong Café, Thamrin, Jakarta, diadakan Final Sunday, sebuah acara penentuan Baidu International Marketing Competition 2016. Di hari itu, kesepuluh finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan marketing plan yang sudah di-submit sebelumnya.

Dibuka dengan sambutan dari Iwan Setiawan, Head of Marketing Baidu Indonesia, 10 orang finalis dari berbagai universitas di Indonesia langsung memberikan penampilan terbaiknya dalam mempresentasikan marketing plan mereka. Di sela-sela presentasi, 10 orang finalis ini juga diharuskan menjawab beberapa pertanyaan dari juri, terkait dengan konsep marketing plan mereka.

Sesuai dengan persyaratan kompetisi, kesepuluh finalis harus membuat marketing plan dengan menggunakan produk-produk Baidu sebagai studi kasusnya. Ada empat produk Baidu yang bisa digunakan oleh para finalis, yaitu MoboMarket, DU Browser, DU Speed Booster, dan DU Battery Saver.

Sore hari menjelang, acara pun sampai pada sesi terakhir. Sesi paling mendebarkan yang paling ditunggu-tunggu oleh kesepuluh finalis, yaitu pengumuman pemenang Baidu International Marketing Competition.

Setelah mempertimbangkan dan melalui diskusi bersama, para juri sepakat untuk memilih lima pemenang:

Juara 1 (Hadiah Trip ke Beijing dan Beasiswa)
Muhammad Haikal – Institut Teknologi Bandung
Juara 2 (Hadiah Trip ke Beijing dan Beasiswa)
Metta Handika – Universitas Bina Nusantara
Juara 3 (Hadiah Trip ke Beijing dan Beasiswa)
Merlin Detalina – Surya University


Juara Favorit 1 (Hadiah Beasiswa)
Fimel Gresiana – Institut Teknologi Bandung
Juara Favorit 2 (Hadiah Beasiswa)
Muhammad Rizqi – Universitas Bina Nusantara

Para pemenang ini dinilai dari berbagai aspek marketing plan, seperti segi analisa, kelengkapan, dan kerumitan perencanaan, serta kemungkinan implementasinya.
"Aku gak menyangka bisa menang. Karena bikin marketing plan-nya dalam hitungan waktu yang lumayan mepet dan aku membuatnya sendiri. Padahal biasanya kalau ikut kompetisi seperti ini, aku membuatnya bertiga dengan teman-teman aku," ujar Haikal, sang pemenang pertama.
Haikal mengakui bahwa meski ia mengerjakan sendiri tanpa dibantu teman-temannya, ia mengerahkan segala kemampuannya dalam memastikan kualitas marketing plan yang dibuatnya. Ia pun sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Baidu yang sudah memilihnya sebagai juara pertama.
"Lumayan banget, bisa liburan sekaligus belajar banyak di Beijing sebelum mulai skripsi," tambah Haikal lagi.
Selamat kepada para pemenang Baidu International Marketing Competition 2016!

Sumber: https://news.detik.com/advertorial-news-block/3404413/baidu-ajak-mahasiswa-lakukan-kunjungan-edukasi-ke-tiongkok

Berita Lainnya