Company Visit #2: Kunjungan ke BATAN dan B2TKE-BPPT (PUSPITEK)

Company Visit adalah acara yang bertujuan untuk membantu mahasiswa Teknik Fisika Surya University untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan industri dan dunia pekerjaan, dan terapan dari ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan. Karena itu pada Kamis, 1 Desember 2016, 40 mahasiswa Physics - Energy Engineering Surya University (PEE SU) yang didampingi oleh Ibu Sri Hastuty, dosen PEE SU, melakukan kunjungan ke BATAN dan B2TKE-BPPT di kawasan PUSPITEK Serpong.

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan tenaga nuklir. Sedangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang berada dibawah koordinasi Kementerian Ristekdikti yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

Pada awalnya peserta berkumpul di gedung kampus Surya University untuk memulai perjalanan ke kawasan PUSPITEK menggunakan bis. Setelah sekitar 45 menit di perjalanan, akhirnya kami sampai ke kawasan PUSPITEK. Pertama-tama peserta diarahkan untuk datang ke gedung Pusat Informasi (PI). Di gedung tersebut kami diberi sambutan dan pengenalan mengenai PUSPITEK, BATAN, dan B2TKE-BPPT. Kemudian peserta kembali ke bis untuk lanjut mengunjungi BATAN yang lokasinya tidak jauh dari gedung PI tersebut.

Setelah mendapat instruksi keselamatan dan melewati pemeriksaan hingga tiga lapis di BATAN, peserta diberi penjelasan singkat tentang fasilitas-fasilitas nuklir di BATAN Serpong dan kemudian diajak masuk ke dalam ruang reaktor nuklir berkapasitas 30 MW termal yang bernama Reaktor Serbaguna GA. Siwabessy (RSG-GAS). Namun sebelum memasuki ruang terisolir itu, perserta harus menggunakan jas lab khusus agar tidak terkena radiasi nuklir.

Reaktor nuklir ini didesain khusus untuk keperluan riset, penelitian, dan keperluan lainnya berupa pemanfaatan isotop yang dihasilkan, untuk bidang kesehatan, obat-obatan, dan pertanian.

Kemudian peserta berkunjung ke Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) khususnya bagian Lab Baterai, yang merupakan salah satu fasilitas di BATAN Serpong. Disana peserta diajari tentang bahan-bahan dari sebuah baterai dan tahapan-tahapan membuat baterai dalam berbagai bentuk.

Selanjutnya setelah selesai dari Lab Baterai, peserta kembali ke bis untuk lanjut berkunjung ke gedung Balai Besar Teknologi Konversi Energi-BPPT (B2TKE-BPPT) yang juga berada di kawasan PUSPITEK Serpong. Di tempat ini perserta berkunjung ke Lab Pengujian Kinerja Lampu Hemat Energi. Setelah mengunjungi BATAN dan B2TKE-BPPT di PUSPITEK Serpong, peserta kembali ke kampus Surya University dengan aman dan lancar.

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.