Tim Surya University berhasil memperoleh Bronze Project Award dalam BIOMOD 2016, San Francisco, AS

Tim kolaborasi antara mahasiswa Surya University dan Universitas Indonesia (Tim DaNA), berhasil memperoleh Bronze Project Award dalam kompetisi BIOMOD tahun 2016. BIOMOD adalah perlombaan desain menggunakan molekul hidup (biomolecular design) tahunan yang diselenggarakan bagi mahasiswa S1 dari seluruh dunia. Tahun ini, jambore BIOMOD diselenggarakan pada tanggal 29-30 November 2016 di San Francisco, Amerika Serikat dan dihadiri oleh 30 tim dari berbagai negara, termasuk Amerika, Jerman, Jepang, China, dan Australia. Keberangkatan tim ini secara parsial disponsori oleh USAID melalui Program Partnerships for Enhanced Engagement in Research (PEER) 2015-2016.

Tim yang beranggotakan Isadonna Fortune Tengganu, Evans Jahja, dan F. X. Reinhart Gunadi dari Surya University dan Robby Hertanto dari Universitas Indonesia menjadi partisipan BIOMOD pertama yang berasal dari Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Proyek yang dilombakan oleh tim DaNA adalah metode baru dalam melakukan produksi struktur DNA origami. Proyek tersebut dibuat dalam bentuk halaman wiki (https://charon77.github.io/team-dana/) dan video (https://charon77.github.io/team-dana/) yang diserahkan sebelum jambore berlangsung. Presentasi proyek dibawakan oleh Isadonna Fortune Tengganu, Evans Jahja, dan F. X. Reinhart Gunadi pada tanggal 29 November 2016. Pengunguman dan pemberian penghargaan dilaksanakan sehari sesudahnya.

Tim DaNA dianugerahi Bronze Project Award karena telah memenuhi kriteria minimum untuk berpartisipasi dalam BIOMOD, yaitu membuat halaman wiki untuk proyek dan mengunggah video ke YouTube. Meskipun belum berhasil memenangkan hadiah utama, partisipasi mahasiswa Surya University dalam BIOMOD tahun ini menjadi tahap awal bagi pelajar Indonesia untuk ikut serta dalam kompetisi ilmiah bertaraf internasional.

Berita Lainnya