Food Entrepreneur "Start Your Business from Zero to Hero"

Food Technology Seminar and Workshop (FOODSAW) yang ketiga ini bertemakan Food Entrepreneur dengan topik yang diangkat, yaitu ”Start Your Business from Zero to Hero”. Rangkaian acara dari FOODSAW ketiga ini adalah seminar dan workshop, dimana keduanya dilaksanakan di hari yang berbeda namun pada tempat yang sama, yaitu Gedung Unity ruang 101. Rangkaian acara pertama adalah workshop mengenai Food Entrepreneur yang diadakan pada Jumat, 25 November 2016, sedangkan rangkaian acara kedua yaitu seminar Food Entrepreneur diadakan pada Jumat, 2 Desember 2016. Seminar dan workshop ini dibawakan oleh narasumber yang berbeda. Workshop Food Entrepreneur dibawakan oleh Bapak Agung Bayu Waluyo Ph. D. dan seminar Food Entrepreneur dibawakan oleh owner dari Holdak dan DnC pudding, yaitu Ibu Anita Saputra dan Ibu Christine V. Tandaju.

Seminar dan workshop yang kami adakan terbuka bagi seluruh program studi di Universitas Surya. Mayoritas dari peserta seminar dan workshop kami adalah dari mahasiswa program studi Teknologi Pangan, beberapa dari program studi Technopreneurship, Agribisnis, dan lain-lain. Workshop bersama Bapak Agung berlangsung selama kurang lebih 4-5 jam. Beliau adalah seorang expert dalam bidang perencanaan dan pengembangan bisnis. Mahasiswa yang mengikuti workshop ini dikelompokkan dalam 8 kelompok berbeda. Setiap kelompok harus memikirkan tentang suatu bisnis yang ingin dikembangkan. Kemudian beliau membimbing semua peserta untuk berpikir secara kritis bagaimana langkah-langkah untuk membangun suatu start-up bisnis. Beliau juga sangat antusias pada seluruh mahasiswa yang ingin melanjutkan bimbingan dengan beliau mengenai pengembangan bisnis.

Seminar Food Entrepreneur dibawakan oleh dua pembicara yang merintis bisnis mereka di bidang makanan dari nol hingga sukses. Owner dari Holdak yaitu Ibu Anita Saputra sudah berhasil membangun bisnis makanan yaitu ayam ala Korea di berbagai tempat di Jakarta, seperti di mal Pluit Village, Karawaci, dan lain-lain. Holdak ini sudah memiliki berbagai macam varian menu yang menarik, serta digemari oleh masyarakat. Owner dari DnC pudding yaitu Ibu Christine V. Tandaju sudah merintis DnC pudding ini sejak tahun 2015. Beliau membuat berbagai variasi pudding, seperti pudding ukir, pudding hias, dan pudding karakter. Beliau juga dapat membuat pudding ulang tahun atau pudding ukir lainnya berdasarkan keinginan konsumennya. Dari keduanya bertambahlah pengetahuan mahasiswa lagi mengenai perintisan bisnis yang baik seperti apa. Kedua narasumber memotivasi seluruh peserta yang hadir, yaitu untuk terus mengejar mimpi mereka untuk membuat usaha dan jangan takut terhadap kegagalan yang mungkin saja terjadi. Acara seminar ini diakhiri dengan bagi-bagi kupon voucher diskon pembelian Holdak  kepada seluruh peserta dan panitia.

Berita Lainnya