Chemical in Action: Company Visit PT Indah Kiat - Tangerang

Surya University sebagai lembaga akademis yang berbasis riset berupaya mengedepankan metode belajar yang dinamis, mengikuti perkembangan yang ada, dan berupaya langsung turun ke lapangan agar dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya guna dan mampu bersaing di masyarakat. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Surya University mengadakan Chemical in Action: Company Visit pada hari Kamis, 10 November 2016 ke PT Indah Kiat – Tangerang dengan jumlah peserta sebanyak 29 orang. Kegiatan ini dilakukan guna memperkenalkan dunia industri dan usaha di lapangan sehingga dapat memberikan suatu gambaran secara langsung mengenai pengaplikasian ilmu Teknik Kimia di lapangan kepada mahasiswa Teknik Kimia Universitas Surya.

Pada pukul 06.30 pagi, para peserta berkumpul di Universitas Surya dan berangkat bersama ke PT Indah Kiat dengan lama perjalanan sekitar 20 menit. Sesampainya para peserta di PT Indah Kiat, para peserta diarahkan ke sebuah ruangan dan disambut baik oleh Ibu Siska selaku perwakilan dari PT Indah Kiat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang berisi tentang company profile PT Indah Kiat. Setelah itu, para peserta juga diberikan sedikit pengetahuan tentang cara kerja mesin-mesin yang berada di pabrik pulp and paper milik PT Indah Kiat serta keselamatan kerja.

Lalu, acara pun dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik. Sebelumnya, para peserta wajib memakai safety helmet sebelum memasuki pabrik. Para peserta juga tidak diperbolehkan untuk berjalan diluar garis kuning yang telah tersedia dengan alasan keselamatan. Kemudian, di dalam pabrik para peserta dijelaskan bagaimana sistem pembuatan kertas, cara kerja mesin sampai dengan cara packing kertas-kertas tersebut.

Setelah melakukan kunjungan ke pabrik, para peserta berfoto bersama. Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih dan pemberian apresiasi baik dari PT Indah Kiat maupun pihak HMTK Universitas Surya.

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.