Belajar dan Menambah Wawasan ke Kota Bandung

Pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016, Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI) mengadakan sebuah Seminar Nasional dan Focus Group Discussion (FGD), yaitu Indonesia Environmental Engineering Student Summit (IEESS) 2016 di Wisma Diklat Marga Bandung, Bandung. Acara kali ini mengangkat tema tentang “Perencanaan Pengelolaan Sungai untuk Menjawab Permasalahan Sungai yang Ada di Indonesia”. Dalam acara tersebut juga dihadirkan tiga pembicara hebat, yaitu Bapak Djati Witjaksono Hadi, IR., M. Si sebagai perwakilan pemerintah (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Bapak Dadan Ramdan sebagai perwakilan dari pihak masyarakat (WALHI Jawa Barat) dan Bapak Bima Krida Pamungkas, S.T dari pihak swasta (Astra Internasional).
 
Kegiatan Seminar Nasional dan FGD ini dihadiri sebanyak 130 mahasiswa Teknik Lingkungan yang berasal dari beberapa Universitas di Indonesia, salah satunya mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University. Ada sebelas delegasi yang dikirimkan dari Teknik Lingkungan Surya University untuk mengikuti Seminar Nasional dan Focus Group Discussion (FGD). Sebelas delegasi ini yaitu, Albertus Kevin Adrian (TLSU 2013), Resha Christian Yanuar (TLSU 2013), Aletha Karina Liberty (TLSU 2014), Jessica Viny Gunawan (TLSU 2014), Adelheid Nona Lince Damasus (TLSU 2016) , Jafeth B.R. Taime (TLSU 2016), Martha Felicia Effi (TLSU 2016), Ravael Abraham Taime (TLSU 2016), Videl O. Bannesi (TLSU 2016), Yermi Antonio Maubana (TLSU 2016), dan Yuslina Emmanuelita Manufandu (TLSU 2016). Selain itu, ada juga mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University yang bergabung dalam susunan kepanitiaan IEESS, yaitu Claudia Narita Gunawan (TLSU 2014) sebagai panitia dokumentasi, Husain Muhamad Iqbal (TLSU 2014) sebagai panitia keamanan, Mohamad Fais (TLSU 2015) sebagai panitia perizinan, dan Isfi Rohmah (TLSU 2014) sebagai divisi humas.

Seminar Nasional dan Forum Group Discussion  ( FGD ) menjadi ajang setiap peserta untuk menambah wawasan mengenai pengelolaan sungai, memperoleh pengalaman berdiskusi, serta sharing dengan mahasiswa dari Universitas lain. Pada akhir sesi FGD diumumkan pemenang dengan ide terbaik dan beberapa mahasiswa Teknik Lingkungan Surya pun tergabung dalam tim tersebut.
Walaupun acara IEESS berlangsung sangat singkat namun setiap peserta merasa sangat menikmati seluruh rangkaian acara tersebut. Terlebih lagi, tema yang diangkat sangat berhubungan dengan bidang teknik lingkungan sehingga delegasi mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University merasa semakin bersemangat untuk terus menggali wawasan terkait perencanaan pengelolaan sungai yang berkelanjutan.

Berita Lainnya