OPK Jurusan PEE 2016

Itulah semangat yang diserukan saat pagi hari bersama para mahasiswa baru ketika membuka acara OPK Jurusan Teknik Fisika Energi yang diselenggarakan pada Kamis, 25 Agustus 2016 di Surya University Campus Resort, Tenjo Edu City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Terhitung tujuh orang dosen meluangkan waktunya untuk melihat para mahasiswa baru Prodi Teknik Fisika Energi.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Kepala Program Studi Teknik Fisika Energi, Bapak Riza Muhida, P.hD, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia OPK Jurusan Teknik Fisika Energi. Setelah itu, tujuh dosen Teknik Fisika Energi yang telah hadir memperkenalkan diri masing – masing. Menjelang siang hari, acara inti dimulai. Bapak Niki Prastomo membawakan materi “Menjadi Mahasiswa Teknik” kepada para mahasiswa baru. Beliau memaparkan esensi menjadi mahasiswa teknik kepada mahasiswa baru. Salah satunya adalah mahasiswa teknik haruslah mampu memprediksi di antara asumsi dan ketidakpastian.

Acara selanjutnya, dibawakan oleh Bapak Pudji Untoro yang membahas mengenai “Apa itu Teknik Fisika Energi dan Energi Terbarukan?”. Usai memaparkan materi utama, dalam sesi tersebut juga dilakukan simulasi pembakaran bioetanol kadar rendah dengan bantuan gelombang ultrasonik yang memukau mahasiswa baru bahkan para dosen.

Di dalam OPK Jurusan PEE ini, mahasiswa baru melakukan presentasi mengenai empat jenis sumber energi yang berbeda yaitu energi surya, angin, panas bumi, dan air yang bertujuan agar mahasiswa baru memiliki dasar pengetahuan mengenai energi terbarukan. Setelah waktu IShoMa (Istirahat Sholat Makan), kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai apa itu himpunan, struktur organisasi HMTFE, beserta kegiatan yang telah dilakukan, dibawakan oleh Kahfi Kurnia Putra selaku ketua Himpunan Teknik Fisika Energi (HMTFE). Tidak hanya itu, mahasiswa baru diinformasikan tentang riset-riset unggulan PEE seperti nano satelit, smart turbine, solar PV, dan lainnya. Begitu juga, club dibawah naungan Program Studi Teknik Fisika Energi, yaitu Nanonauts dan Robotic. Tampak antusiasme yang besar dibalik pertanyaan dan tanggapan yang mereka berikan.

Menjelang penghujung kegiatan, panitia beserta mahasiswa baru juga melakukan games untuk seru – seruan. Sebelum acara ditutup, panitia mengajak beberapa mahasiswa baru untuk menceritakan impian apa yang ingin mereka capai. Semoga apapun impian mereka, impian tersebut dapat menjadi pedoman mereka selama menjalani masa kuliah di Surya University dan pada akhirnya dapat berperan memajukan Indonesia. Menutup acara ini, panitia menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru agar selalu mengedepankan kekeluargaan, kebersamaan, dan kekompakan.
Selamat datang di keluarga besar PEE!

Berita Lainnya

Wisuda II & Dies Natalis V - 13 Oktober 2018
Universitas Surya kembali meluluskan 299 mahasiswa dalam wisuda kedua tahun ini, yang berlangsung di Hotel Olive, Tangerang, Sabtu, 13 Oktober 2018. Sebanyak 84 wisudawan berhasil mendapatkan predikat pujian atau cum laude. Wisuda II tahun ini mengusung tema:"Generasi Indonesia Jaya Menjunjung Kebhinekaan". rnrn"Proses pendidikan yang berkualitas merupakan kunci utama pembangunan bangsa, dan pendidik yang berkualitas sebagai faktor penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi untuk mencapai Indonesia jaya," kata pendiri Universitas Surya, Prof Yohanes Surya. Para wisudawan, kata Prof Yohanes Surya, diharapkan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.rnrn"Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran," tambahnya.