Safety Goes to Campus: Training OHSAS 18001

11 Juni 2016 lalu Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Surya University mengadakan sebuah pelatihan kesehatan keselamatan kerja dengan tema besar “Safety goes to campus: training OHSAS 180001”. Pelatihan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. acara dimulai dengan sambutan dari sekretaris Prodi Teknik Lingkungan, Ibu Turmaningsih Surya Pratama dan langsung diarahkan kepada pemateri inti.

Tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini adalah agar mahasiswa mengerti bagaimana mengimplementasikan prinsip k3 dalam standar OHSAS 18001 di dunia kerja nantinya. Pelatihan ini juga dapat dijadikan modal besar bagi para peserta untuk mengambil lisensi k3 bagi yang berminat di bidang Health, Safety, and Environment.

Pelatihan yang sebagian besar diikuti oleh semua mahasiswa Teknik Lingkungan dan beberapa mahasiswa Teknik Fisika dan Kimia ini di pimpin oleh seorang trainer k3 profesional dari BASF Comapany yaitu Bapak Emanuel Eko. Pelatihan ini mengacu pada pengajaran prosedur penerapan kesehatan keselamatan kerja berdasarkan standar OHSAS 18001. Trainer mengajarkan bagaimana perencanaan dan pelaksanaan upaya k3 dalam suatu kegiatan industri. Sebagai seorang engineer sudah sepatutnya mengerti mengenai kesehatan keselamatan kerja lapangan yang akan banyak diimplementasikan di dunia kerja nantinya. Selain perencanaan upaya k3, trainer juga mengajarkan bagaimana meminimalisir risiko, pencegahan terjadinya kecelakaan, dan berbagai regulasi mengenai kesehatan keselamatan kerja. Disela-sela waktu training, pelatih memberikan banyak contoh-contoh visual berupa video dan games yang memudahkan peserta training untuk lebih mengerti cara mengimplementasikan hasil pelatihan tersebut. Dalam penyampaian materinya, trainer menyapaikan dengan sangat jelas, tegas, namun dengan pembawaan yang santai, sehingga peserta pun sangat enjoy menikmati pelatihan tersebut.

Acara berakhir pada pukul 16.00 WIB. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri dan foto bersama. Kesan para peserta training sangatlah baik, kebanyakan dari mereka sangatlah terkesan dengan cara penyampaian trainer yang enjoy dan mudah dimengerti. Kesehatan keselamatan kerja merupakan prioritas utama seseorang melakukan kegiatan bekerja, dengan menerapkan prinsip k3, kita tidak hanya menjaga satu nyawa namun juga banyak nyawa disekitar kita. Mencegah adanya kemungkinan buruk berarti mencegah adanya kefatalan dalam bekerja, karena setiap kita bekerja selalu ada keluarga yang mengharap kita kembali dengan selamat. We safe we care. Safety is my life.

Berita Lainnya