DNA: The Amazing Molecule, Celebrating the discovery of DNA structure

Penyelenggaraan Edukasi Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) yang bertemakan DNA: The Amazing Molecule – DNA Origami · DNA Computing, DNA Storage, & DSD · DNA Synthetic Biology. Kegiatan edukasi STEM pada hari Senin tanggal 25 April 2016 ini bertempat di Aula SMA Tarakanita Gading Serpong. Pelaksanaan kegiatan ini – yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 SMA Tarakanita beserta beberapa tamu dari SMA Atisa Dipamkara, SMA Ora et Labora, SMA Negeri 2 Tangerang, dan SMA Strada Thomas Aquino (total sekitar 150 siswa-siswi beserta beberapa guru pendamping) – sekaligus merayakan penemuan struktur DNA yang dipublikasikan oleh James Watson & Francis Crick tepat 63 tahun yang lalu.

Kegiatan yang disponsori oleh USAID ini diselenggarakan oleh Interdisciplinary Life Science Laboratory (ILSL) dari Program Studi Bioteknologi dan Neurosains, Universitas Surya. Kegiatan berupa presentasi sains terkait sejarah penemuan DNA dan strukturnya beserta teknologi-teknologi termutakhir yang berbasis DNA, dan dikombinasikan dengan beberapa permainan seperti melipat origami untuk DNA dan memecahkan pesan rahasia yang dienkripsi dalam sekuen DNA. Pembicara-pembicara dalam STEM ini meliputi dosen, yaitu Dr. Fransiskus X. Ivan, beserta mahasiswa-mahasiswi dari Fakultas Ilmu Hayati yang tergabung dalam Tim STEM ILSL: Isadonna Fortune Tengganu, Fransiskus X. Reinhart Gunadi dan Evans Jahja.

SMA-SMA sekitar Tangerang dan Jakarta yang berminat untuk bekerja sama menyelenggarakan acara serupa di lingkungan sekolahnya dipersilakan mengontak pihak marketing Universitas Surya maupun langsung ke tim STEM melalui email fransiskus.ivan@surya.ac.id. Melalui kegiatan semacam ini, secara umum diharapkan semakin banyak siswa-siswi SMA yang berminat terhadap sains, dan secara khusus siswa-siswi semakin mengenal sains hayati atau biologi sebagai suatu cabang ilmu yang sifatnya interdisiplin.

Berita Lainnya