A Short Course in Linguistics Series: Digital Data Management in Linguistic Research, Using Technology to Organize Your Data, 25-26 February 2016, Singaraja, Bali

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, para dosen dan guru di Indonesia dituntut untuk meningkatkan kualitas metode penelitian. Dalam penelitian linguistik, penggunaan piranri lunak bahasa (language software) dapat membantu peneliti mengolah data menjadi lebih efektif dan menampilkan data menjadi lebih akurat. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, The Surya Center of Language and Culture Studies (SCLCS) melaksanakan pelatihan program software bahasa EUDICO Linguistic Annotator (ELAN) dan Toolbox sebagai media untuk mengelola data dalam format digital. Software ELAN digunakan untuk menganotasi data mentah audio dan video dalam satu platform analisis yang berisi transcription, fonetik, terjemahan ke berbagai bahasa target (target language), dan konteks. Sedangkan software Toolbox digunakan untuk menganalisa data tulisan dalam satu platform analisis fonem, morfem, parts of speech, gloss, dan terjemahan dengan mengatur data melalui cara interlinearize sehingga hasilnya dapat dikembangkan berupa daftar lema atau kamus bahasa lengkap.

SCLCS menggandeng Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Singaraja, Bali sebagai mitra pelatihan ini. Kegiatan berlangsung pada tanggal 25 – 27 Februari 2016 di Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha, dan diikuti oleh 27 dosen dan guru SMA. Peserta bukan hanya berasal dari Bali saja, tetapi juga dari luar daerah, seperti Kupang dan Makassar. Jadi, pelatihan ini cukup menarik minat para peserta dari beberapa daerah di Indonesia.

Hadir pada acara pelatihan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha, Prof. Putu Kerti Nitiasih, yang juga meresmikan acara. Tim pelatih dari SCLCS,  Faizah Sari, Ph.D., Defilia Ayuningtyas, M. Hum., dan Rindu Parulian Simanjuntak, merupakan peneliti bahasa yang telah mengadakan pelatihan sejenis cukup lama. Tim pelatih secara bergantian memastikan semua instalasi program dan trouble-shooting berjalan lancar, prosedur dan langkah-langkah penggunaan software tersedia baik, dan pertanyaan dari peserta dijawab dengan tuntas.  

Peserta pelatihan sangat antusias belajar menggunakan kedua program ini. Acara pelatihan juga dilaksanakan dengan fun dimana peserta dapat unjuk gigi di depan peserta lainnya dengan menjawab latihan soal di depan kelas dengan mengaplikasikan penggunaan program ELAN dan Toolbox. Peserta yang berhasil menunjukkan kemampuannya mengikuti prosedur penggunaan software dengan baik diberikan hadiah (prize).

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Dekan FBS Undiksha dengan harapan SCLCS dapat menyelenggarakan acara yang serupa dengan topik-topik pelatihan lainnya. Pada akhir acara, peserta memperoleh sertifikat pelatihan dan melakukan sesi foto bersama narasumber. (da/fs)

 

Berita Lainnya