Digifest 2015 : Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Era Digital

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat. Hal ini terutama sekali terjadi karena munculnya begitu banyak inovasi dalam bidang teknologi digital. Perkembangan teknologi digital telah memungkinkan orang untuk

Dalam era ini, keahlian komunikasi adalah kemampuan yang mutlak dimiliki banyak orang agar bisa siap menghadapi dunia yang menjadikan komunikasi digital sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Maka bermunculan begitu banyak profesi dalam bidang komunikasi, hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan orang-orang yang memiliki skill dalam bidang digital communication. Kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang komunikasi digital akan terus meningkat. Hal ini tentunya harus diimbangi oleh ketersediaan dan kesiapan sumber daya manusia untuk dapat terserap dalam bidang tersebut.

Berkaitan dengan itu, program studi Digital Communication menyelenggarakan acara Digital Festival 2015 (Digifest 2015). Yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan mengasah potensi serta kreativitas generasi muda dalam dunia digital. Kegiatan ini juga bertujuan untuk untuk Memberikan informasi mengenai perkembangan yang ada di dunia digital, seperti di bidang perfilman, iklan, digital drawing, dan blogger; juga untuk memperkenalkan berbagai perkembangan teknologi digital melalui pameran, bazar, seminar dan workshop. Disamping itu, acara Digifest 2015 ini dapat menjadi wadah apresiasi bagi generasi muda untuk memproduksi dan memamerkan karya-karya digital mereka.

Digifest 2015 ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 7, 9 dan 10 November, bertempat di lingkungan kampus SU Gading Serpong, Tangerang. Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam acara Digifest 2015 ini, seperti short movie competition, digital advertisement competition, digital photography competition, digital rally, seminar, workshop, serta digital exhibition karya peserta acara dan mahasiswa. Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat mengenal dan mempelajari perkembangan dalam dunia digital. Sehingga para generasi muda tersebut dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia digital yang akan terus berkembang.

Ketua program studi Digital Communication, Vinna Waty Sutanto, menyatakan bahwa Kegiatan seperti ini menjadi penting, mengingat bahwa Perkembangan teknologi komunikasi telah merubah cara orang berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Perubahan ini pun pada akhirnya berdampak pada industri-industri yang berkaitan dengan komunikasi, seperti industri film, iklan, fotografi, digital drawing, maupun jurnalistik.

Sebagai universitas berbasis riset, SU telah jauh hari menghadirkan berbagai program studi yang memiliki konsep yang unik dan futuristik. Penciptaan program studi yang futuristik ini tentunya memiliki tujuan, yaitu untuk  mempersiapkan diri sejak dini menghadapi berbagai perubahan yang radikal akibat kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang pengetahuan dan teknologi (***).

Berita Lainnya