Parents Gathering Surya University Bersama Prof. Yohanes Surya, Ph.D

Hari Sabtu (14/02), Surya University menggelar acara Parents Gathering bersama Prof. Yohanes Surya, Ph.D. di Auditorium Surya University, Tangerang. Acara ini turut dihadiri lebih dari 400 orang tua dari mahasiswa maupun calon mahasiswa Surya University. Tujuan diselenggarakannya acara ini juga untuk lebih menjalin keakraban antara universitas dengan orang tua mahasiswa maupun calon mahasiswa Surya University sekaligus update perkembangan dan arah masa depan kampus Surya University.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB pagi dibuka oleh MC dan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dengan dipandu oleh tim paduan suara mahasiswa Surya University dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Surya University.

Selanjutnya Prof. Yohanes Surya, Ph.D., selaku founder sekaligus rektor Surya University, memberikan sambutan dan pemaparannya.

Sebentar lagi kita akan diterjang gelombang teknologi yang lebih hebat, yaitu IOT (Internet of Things). Riak gelombangnya sudah terasa,” ungkap Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

IOT (Internet Of Things) ini menggabungkan ICT dengan benda lewat berbagai jenis sensor. Ada 4 teknologi terdepan yang perlu dicermati, yaitu (1.) Internet of Things (IOT), yaitu segala kegiatan tersambung internet, terkontrol dan serba otomatis. Contoh IOT adalah smart building yang menggunakan berbagai sensor suhu, cahaya, kelembaban, dsb. Ketika kita masuk gedung, komputer secara otomatis mendeteksi kedatangan kita, mengatur suhu yang kita sukai dan menyalakan lampu yang dibutuhkan dengan level pencahayaan tertentu; (2.) Synthetic biology / genetic engineering, dimana memanfaatkan perubahan DNA untuk menghasilkan produk baru seperti jeruk rasa duren, mawar ungu, ikan bercahaya, organ buatan, spesies baru, obat penyakit turunan seperti diabetes, jenis makanan baru dan bahan bakar alternative; (3.) Advanced Robotic, dimana robot hidup bersama manusia. Tak heran kalau google mengakuisisi beberapa perusahaan robot terkemuka. Robot dipakai untuk membantu pengobatan, manufaktur, orang berjalan, pekerjaan rumah tangga, menyelamatkan orang dari bencana, dsb; (4.) 3D printing, yaitu print benda tiga dimensi seperti sendok, piring, miniatur hewan, miniatur gedung, cincin, dsb. Karenanya teknologi mampu membuat mimpi-mimpi ini menjadi kenyataan.

Ia pun mengatakan bahwa Surya University didirikan untuk membangun Indonesia Jaya serta berperan untuk mengantisipasi masa depan (teknologi canggih), yakni dengan melakukan riset.

Membangun Surya University, kampus berbasis riset pertama di Indonesia, penuh tantangan menarik, dan jatuh bangun. Awalnya gelap (hanya setitik cahaya), lalu remang-remang dan sekarang jalan sudah kelihatan. Kita bersyukur dalam waktu dekat ada investor/donatur untuk membantu merealisasikan mimpi Indonesia Jaya ini. Tahun ini kita akan membangun kampus baru di area seluas +/- 700 ha,” ungkap beliau secara optimis.

Acara pun dilanjutkan dengan tentu saja memperkenalkan pimpinan Surya University, seperti Wakil Rektor, Kepala Program Studi dan para dosen yang tentunya berprestasi, dari sepuluh program studi yang ada di Surya University, yakni Program Studi Agribusiness, Green Economy, Technopreneurship, Digital Communication, Physics-Energy Engineering, Chemical & Green Process Engineering, Environmental Engineering, Biotechnology & Neuroscience, Human Computer Interaction, dan Nutrition & Food Technology. Para mahasiswa Surya University yang berprestasi dari sejumlah program studi pun ikut unjuk gigi. Mereka memberikan testimoni dan memamerkan hasil karya / risetnya dihadapan para dosen dan ratusan orang tua yang hadir.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan update perkembangan Surya University yang dipandu oleh Dr. Martin Tjahjono. Beberapa poin penting yang juga dibahas adalah mengenai rencana kampus baru Surya University, program Research-Based Learning (RBL), hasil riset dosen dan mahasiswa, kerjasama riset dengan perusahaan, serta rencana Surya University di masa depan.

Setelah itu, sesi ke-2 dari pemberian testimoni dari mahasiswa Surya University yang berprestasi pun dianjutkan dengan pemberian penghargaan bagi para mahasiswa penerima President’s List dan dipersilakan bagi para hadirin jika ingin melihat pameran riset, poster kegiatan, laboratorium yang sudah disiapkan para mahasiswa dan panitia. Acara pun ditutup dengan makan siang bersama para hadirin di kantin kampus Surya University (***).

Berita Lainnya