CURRENT NEWS

Open Registration!!

SISTEM PERKULIAHAN

  1. Sistem perkuliahan di SURYA UNIVERSITY (SU) menggunakan Sistem Trimester : 1 tahun ada 3 Trimester (1 Trimester = 4 bulan).
  2. Setiap trimester mahasiswa diperbolehkan mengambil 12 sks s/d 16 sks, dengan total waktu perkuliahan adalah 12 Trimester (4 tahun)  dengan total 144 sks
  3. Mahasiswa diberikan benefit untuk mengambil kelas tambahan (Kelas level Master) : 1 Trimester (16 sks)  - optional dan tidak dikenakan tambahan biaya
  4. Mahasiswa Reguler dapat mengambil minimum 3 mata kuliah (9 s/d 12 sks)  per Trimester
  5. Mahasiswa Beasiswa wajib mengambil minimum 4 mata kuliah (12 s/d 16 sks) per Trimester
     


PROSES ADMINISTRASI PENDAFTARAN

  1. Calon mahasiswa (cama) wajib mengisi form pendaftaran, memberi tanda untuk jurusan pilihan (dengan memperhatikan persyaratan jurusan di SMA) dan melengkapi dokumen yang diperlukan (fotocopy raport SMA kelas 1 & 2 yang sudah dilegalisir, fotocopy kartu pelajar/Kartu Tanda Penduduk, 2 buah Foto berwarna ukuran 3x4).
  2. Semua calon mahasiswa (Program Direct Entry dan Program Beasiswa) wajib mengikuti tes matematika dan bahasa inggris. Bagi cama yang berdasarkan hasil seleksi dinyatakan wajib mengikuti kelas matrikulasi matematika & bahasa inggris, maka kelas dapat diikuti di bulan Juli & Agustus 2013 (60 jam/modul) dan dikenakan biaya Rp. 2.500.000,-/modul  yang akan dikurangi langsung dari pengembalian  Commitment Fee di akhir perkuliahan di trimester 12.
  3. Para calon mahasiswa yang lulus melalui jalur Program  Direct Entry (DE) dan Program Beasiswa SURYA UNIVERSITY, akan diinformasikan via surat/email mengenai jadwal batas waktu pembayaran (dapat juga melihat tabel biaya studi), besarnya biaya studi dan informasi lainnya.
  4. Perkuliahan mahasiswa baru akan dimulai September 2013.
     


PROSES ADMINISTRASI KEUANGAN

  1. Pembayaran biaya studi dilakukan melalui Program Student Loan Surya University dan harus dilakukan sesuai jadwal/sebelum batas akhir pembayaran yang ditetapkan.
  2. Untuk mahasiswa reguler, keterlambatan pembayaran akan dikenakan biaya studi gelombang berikutnya. Untuk penerima Beasiswa jika tidak membayar sesuai jadwal pembayaran, maka Beasiswa akan GUGUR.
  3. Biaya perkuliahan yang harus dibayarkan berupa :
  • Commitment Fee (dicicil maksimal 12 bulan)
    • Commitment Fee akan dikembalikan kepada mahasiswa setelah akhir perkuliahan (di akhir trimester 12)
       
    • Bagi calon mahasiswa yang berdasarkan hasil seleksi harus mengikuti kelas matrikulasi untuk modul matematika dan bahasa inggris, maka akan dikenakan biaya Rp.2.500.000,-/modul yang perhitungannya akan langsung dikurangi dari pengembalian commitment fee
       
    • Commitment Fee akan hangus jika mahasiswa memutuskan batal/tidak menyelesaikan kuliah di Surya University
       
  • Biaya Studi (dicicil selama 48 bulan) :
    Besar biaya studi untuk setiap mahasiswa adalah bervariasi berdasarkan hasil seleksi masuk Penerimaan Mahasiswa Baru.


     

PROSES ADMINISTRASI BIAYA STUDI - PROGRAM STUDENT LOAN
Biaya studi Surya University adalah dalam bentuk Program Student Loan – dimana mahasiswa dapat mencicil biaya studi per bulan tanpa dikenakan bunga (bunga 0%).   Untuk melengkapi proses, calon mahasiswa wajib mengisi, melengkapi dan mengembalikan Surat Pernyataan Persetujuan Pembayaran Biaya Studi - Program Student Loan (diperoleh di bagian Admission/Marketing. Komponen angsuran biaya studi sebagai berikut:

  1. Pembayaran I (pertama) adalah Commitment Fee sebesar Rp. 12.000.000,- yang dapat dicicil sebesar Rp. 1.000.000,-/bulan dengan maksimal cicilan 12 bulan yang harus sudah lunas paling lambat tanggal 20 Juli 2013.  Jika cicilan belum lunas sampai batas waktu yang ditetapkan, maka kekurangan Commitment Fee dapat dibayarkan langsung secara tunai ke Surya University.
     
  2. Pembayaran II (kedua) adalah biaya studi yang dapat dicicil maksimal 48 bulan dengan besar cicilan bervariasi tergantung hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru
    Note : Biaya studi sudah termasuk SPP (Uang gedung), SKS, Semester, lab, Jas Almamater, Computer Tablet, Wisuda dan biaya kelas level Master 16 sks (optional).
  • Pembayaran Biaya Studi Trimester 1  :
    • Reguler     : mulai cicilan Rp. 2.700.000,- s/d Rp. 3.000.000,-/bulan (tergantung jadwal pendaftaran)
    • Beasiswa     : mulai cicilan Rp. 250.000,- s/d Rp. 2.550.000,-/bulan (tergantung besarnya beasiswa) – Beasiwa tersedia mulai dari 15% sd/ 100%.
       
  • Pembayaran Biaya Studi Trimester 2 s/d Trimester 12 :
    Pembayaran biaya studi berdasarkan minimum IPK,   yang akan dievalusi per Trimester:
    • IPK minimum 3.8   : Rp.   250.000,-/bulan
    • IPK minimum 3.7   : Rp.   750.000,-/bulan
    • IPK minimum 3.5   : Rp. 1.500.000,-/bulan
    • IPK minimum 3.25 : Rp. 2.250.000,-/bulan
    • IPK minimum 3.00 : Rp. 2.550.000,-/bulan
    • IPK < 3.00                : Rp. 3.000.000,-/bulan
  • NOTE : Seluruh hak mahasiswa (jas almamater, Computer Tablet) akan diberikan setelah seluruh commitment fee dilunasi.
     


PROSES ADMINISTRASI PINDAH JURUSAN

  1. Bagi calon mahasiswa yang ingin pindah jurusan dapat mengisi Form Pindah Jurusan yang tersedia di bagian Admission/Marketing (dengan tetap memperhatikan persyaratan jurusan SMA yang diperbolehkan oleh program studi pilihan tersebut)
  2. Pindah jurusan sebaiknya dilakukan sebelum kuliah dimulai.  Untuk mahasiswa yang melakukan pindah jurusan setelah kuliah berjalan maka akan dikenakan biaya administrasi Rp. 500.000,-
     


PROSES ADMINISTRASI PERKULIAHAN

  1. Bagi mahasiswa yang akan mengambil cuti akademik, maka untuk setiap kali cuti akan dikenakan biaya 25% dari biaya studi/trimester atau 25% x Rp.12.000.000,- = Rp. 3.000.000,-/trimester.   Cuti akademik tidak boleh dilakukan selama 3x berturut-turut.
  2. Bagi mahasiswa yang 'failed' dalam proses perkuliahan akan dikenakan biaya Rp. 2.000.000,-/modul untuk mengulang mata kuliah tersebut.

     

Related Article