CURRENT NEWS

Prof. Yohanes Surya, Pendiri Surya University

Pendiri yang visioner
Seorang pendidik yang berdedikasi tinggi, fisikawan yang cerdas dan sosok yang selalu yakin pada potensi manusia Indonesia di bidang sains dan teknologi. Penulis ratusan artikel sains dan buku pelajaran fisika/matematika ini percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Yohanes Surya, Ph.D.  adalah penggagas TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) yang setiap tahunnya    mengirimkan siswa-siswi terbaik Indonesia berkompetisi di ajang olimpiade Fisika Internasional. Sampai sekarang ini sudah lebih dari 100 medali emas disabet oleh anak-anak Indonesia dalam berbagai olimpiade fisika/sains Internasional.  Banyak dari para peraih medali ini kemudian mendapat beasiswa di berbagai universitas terbaik dunia seperti Princeton University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, Tokyo Univ dan California Institute of Technology (CalTech).

Penerima penghargaan Kreativitas 2005 ini juga mengembangkan Matematika dan Fisika GASING      (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) yang membuat kedua pelajaran ini menjadi sangat mudah dan menyenangkan bagi siswa.  Seperti tidak pernah lelah, penerima Lencana Satya Wira Karya (2006) dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini tak hentinya mendirikan banyak lomba sains/matematika bergengsi seperti Asian Physics Olympiad (APhO), World Physics Olympiad (WoPhO), Asian Science Enterprise  Challenges (ASC),  International  Junior Science  Olympiad (IJSO),  Asian Science and Math Olympiad for Primary School (ASMOPS), Olimpiade Sains Kuark dan Asia  Pacific Conference of Young Scientists (APCYS). Kontribusi yang tidak kalah penting dari penerima award Pahlawan Masa Kini dan tokoh Perubahan Republika 2009 ini adalah didirikannya STKIP Surya yang akan mencetak ribuan guru global berkualitas yang mampu  mengajar secara GASING.

Prof. Yohanes Surya, Ph.D.  berharap Surya University dapat berkontribusi aktif mewujudkan Indonesia Jaya yang  mandiri, maju, adil, makmur, sehat dan aman

 

Related Article