Background
News
Digital Communication
Author: Administrator
Rabu, 18 Juni 2014

Pernah membayangkan bagaimana majalah-majalah disajikan dalam bentuk hologram? Pernah membayangkan film-film hologram atau film yang berinteraksi dengan penonton? Pernah membayangkan bagaimana kalau komunikasi di facebook dibuat dalam tiga dimensi? Banyak bentuk dan cara komunikasi  yang tidak terpikirkan akan terjadi dimasa mendatang.  Hal ini tidak lepas karena adanya perkembangan teknologi yang demikian dahsyatnya. Perkembangan teknologi (termasuk digitalisasi TV di tahun 2016 dan internet TV) akan membutuhkan banyak sekali sumber daya manusia yang mengerti perkembangan dan pengoperasian komunikasi digital.

Program Studi Digital Communication Program Studi Digital Communication akan mempersiapkan mahasiswa sebagai pemain dalam pemanfaatan, penyebaran dan pengembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat.  Sebagai program studi pertama di Indonesia, Digital Communication menawarkan 4 Peminatan :

3D Movie & Beyond  meningkatkan kemampuan di bidang olah visual yang sangat kompetitif dan menarik untuk mencapai tingkatan ketrampilan seniman kreatif yang akan membantu karir mereka dalam mengembangkan 3D Movie yang kuat, baik sebagai unsur hiburan kreatif, komponen iklan atau merek, atau elemen desain konten web.

Digital TV & Radio mempelajari konsep dan dasar-dasar produksi dan siaran televisi dan radio yang berorientasi kepada kebutuhan industri televisi dan radio era digital.  Mahasiswa di beri peran dan pelajaran langsung mengenai berbagai aspek pertelevisian dan dan Radio, dengan menggunakan perangkat peralatan modern.

Video Games mempelajari metode produksi seni 2D & 3D yang berfokus pada dasar-dasar pengembangan grafis interaktif - termasuk penciptaan karakter, desain adegan, produksi aset, efek dalam game, dan fisika gerak.  

Digital Media memperkenalkan berbagai media digital yang ada serta mempelajari dasar-dasar komunikasi digital serta  teknologi media terbaru dan teori-teori terkait dengan estetika dan komunikasi. Peminatan ini juga mempelajari dan memahami prinsip-prinsip desain grafis, desain web, video digital, dan suara, dan menguasai aplikasi disain interaktif, seperti HTML5, CSS, XML, ActionScript, JavaScript

Program Studi Digital Communication didukung Research Center seperti Center for Broadcasting, Center for Film Making, Center for Art and Design,  dan Center for Digital Media.

Peluang Karir  di bidang Digital Communicaton diantaranya:

  • Sutradara, penulis naskah 3D movie, pemilik studio 3D movie atau studio game
  • Jurnalis, penulis berita, editor, redaksi pada media televisi, radio, media cetak dan media digital.  
  • Game designer, penulis script game, pengembang video game, industry game.
  • Fotografer profesional, public relation, peneliti, dosen, konsultan media.   

Lulusan program studi Digital Communication mempunyai masa depan yang cerah. Mereka akan memasuki era digital dengan penuh percaya diri.  Banyak lapangan pekerjaan tersedia untuk mereka.