CURRENT NEWS

Solar Cell Competition

Mungkin sebagian dari masyarakat awam belum memahami benar tentang apa itu solar cell, bagaimana pengaplikasiannya, dan mengapa pemanfaatan solar cell akan menjadi sangat penting kedepannya. Solar cell adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan energy listrik yang sumbernya berasal dari panas matahari. Pengembangan solar cell sebagai salah satu sumber energy baru sedang marak dilakukan di berbagai Negara karena terbukti tidak mencemari lingkungan (zero pollution).  

Pentingnya pemahaman tentang sumber energy terbaru ini menjadi pertimbangan SMA Kolese Gonzaga dan Surya University untuk menyelenggarakan acara “Solar Cell Competition”. Acara ini diadakan di Aula Serbaguna SMA Kolese Gonzaga, Jakarta Selatan pada tanggal 14, 17, dan 18 Desember 2012. Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka mengisi program akhir semester yang rutin diadakan oleh SMA Kolese Gonzaga setelah siswa-siswi selesai mengikuti pekan ujian akhir semester yang bertujuan memperkaya pengetahuan siswa-siswinya terhadap perkembangan teknologi.

“Saat ini, pemanfaatan solar cell bisa dilakukan di semua bidang, seperti rumah tangga, industry, dan juga untuk tata kota,” ujar Dr. Arby Dimyati, pakar Solar Cell dari International Institute of Clean Energy and Climate Change Surya university. Sebelum kompetisi solar cell ini berlangsung, para peserta lomba yang merupakan siswa-siswi kelas X dan XI SMA Kolese Gonzaga mendapat pengenalan materi solar cell melalui seminar bertema “Perkembangan Teknologi Solar Cell” oleh Dr. Arby Dimyati dan “Penerapan Solar Cell untuk Aplikasi Masa Depan” dari Dr. Riza Muhida, pakar robotic Surya University.

Kompetisi pengaplikasian solar cell yang berlangsung selama tiga hari ini dimenangkan oleh kelompok Chistian Anugrah Zendrato, Paulus Robin, Veronica Nindya, Bernadette Raisa, Theodore Nick, dan Patrick Yehezkiel dengan hasil karya “Mini AC”. Juara kedua adalah Agatha Masia Velisa, Albertus Magnus, Johannes Merrick, Daniel Resy, Reyming Tius dan Hugo Herlando yang membuat Alarm Tangki Otomatis. Kriteria penilaian terdiri dari desain poster, ide dan orisinalitas, presentasi, tanya jawab, dan prototype.

============================================
Testimonial:
“Acara ini membantu kita untuk mengenal solar cell serta mendorong untuk melakukan inovasi yang bermanfaat. Sukses terus Surya University!” – Agatha Masia Velisa.
“Acaranya seru. Sering-sering diadain! Lumayan nambah wawasan.” – Christian Anugrah Zendrato.
“Acara ini menambah pengalaman. Sebelumnya kami ga tahu Solar Cell tuh apa, cara penerapannya bagaimana, sekarang jadi tahu.” – Silvia Stefanie.
“Saya sangat senang karena kita bisa mengeksplor  lebih dalam lagi alat-alat dan ilmu fisika untuk bisa lebih berguna di masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa diadakan di sekolah-sekolah lainnya.” – Dimas.