Admission

Peraturan & Tatacara Administrasi & Keuangan Penerimaan Mahasiswa Baru

SISTEM PERKULIAHAN

  1. Sistem perkuliahan di Surya University (SU) menggunakan Sistem Trimester : 1 tahun ada 3 Trimester (1 Trimester antara 3 - 5 bulan).
  2. Setiap trimester mahasiswa diperbolehkan mengambil 12 sks s.d. 16 sks, dengan total waktu perkuliahan adalah 12 Trimester (4 tahun)  dengan total 144 sks
  3. Mahasiswa diberikan keuntungan untuk mengambil kelas tambahan (Kelas level Master) : 1 Trimester (16 sks)  - optional dan tidak dikenakan tambahan biaya
  4. Mahasiswa Reguler dapat mengambil minimum 3 mata kuliah (9 s.d. 12 sks)  per Trimester
  5. Mahasiswa Beasiswa wajib mengambil minimum 4 mata kuliah (12 s.d. 16 sks) per Trimester


PROSES ADMINISTRASI PENDAFTARAN

  1. Calon mahasiswa (cama) wajib mengisi form pendaftaran, memberi tanda untuk jurusan pilihan (dengan memperhatikan persyaratan jurusan di SMA) dan melengkapi dokumen yang diperlukan.
  2. Para calon mahasiswa yang akan diinformasikan via surat/email mengenai jadwal batas waktu pembayaran, besarnya biaya studi dan informasi lainnya.
  3. Perkuliahan mahasiswa baru akan dimulai September 2014.


PROSES ADMINISTRASI KEUANGAN

  1. Pembayaran biaya studi dilakukan melalui Program Student Loan Surya University dan harus dilakukan sesuai jadwal/sebelum batas akhir pembayaran yang ditetapkan.
  2. Untuk mahasiswa reguler, keterlambatan pembayaran akan dikenakan biaya studi gelombang berikutnya. Untuk penerima Beasiswa jika tidak membayar sesuai jadwal pembayaran, maka Beasiswa akan GUGUR.
  3. Biaya perkuliahan yang harus dibayarkan berupa :
  • Biaya fasilitas
    • Biaya fasilitas mencakup computer tablet, jas almamater dan wisuda.
    • Biaya fasilitas tidak akan dikembalikan
       
  • Biaya Studi (cash atau student loan) :
    Besar biaya studi untuk setiap mahasiswa adalah bervariasi berdasarkan hasil seleksi masuk Penerimaan Mahasiswa Baru.

     

PROSES ADMINISTRASI BIAYA STUDI - PROGRAM STUDENT LOAN
Biaya studi Surya University adalah dalam bentuk Program Student Loan Bank bekerjasama dengan Bank – dimana mahasiswa dapat mencicil biaya studi per bulan tanpa dikenakan bunga (bunga 0%).   Untuk melengkapi proses, calon mahasiswa wajib mengisi, melengkapi dan mengembalikan Surat Pernyataan Persetujuan Pembayaran Biaya Studi - Program Student Loan.

  1. Orangtua mahasiswa mengisi Aplikasi Program Student Loan Bank dan melengkapi semua persyaratan dokumen yang diperlukan.
    • Syarat Dokumentasi pengajuan Program Student Loan Bank.
    • Aplikasi KTA (Kredit Tanpa Anggunan) asli.
    • Fotokopi KTP orangtua/wali mahasiswa yang berlaku
    • Foto berwarna orangtua/wali mahasiswa ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
    • Fotokopi NPWP orangtua/wali mahasiwa yang mengajukan Program Student Loan Bank (wajib ada).
    • Fotokopi rekening tabungan orangtua/wali mahasiswa 3 bulan terakhir yang mencerminkan penghasilan setiap bulannya.
    • Surat rekomendasi dari Surya University.
    • Surat Kuasa yang berisi perintah untuk mentransfer pencairan kredit dari rekening debitur ke rekening giro PT. Surya ResearchInternational (PT. SRI).
  2. Setelah bank menyetujui dana Student Loan, maka dana akan ditransfer ke rekening orangtua/wali yang bersangkutan dan langsung di autodebet ke rekening Surya University sebagai biaya perkuliahan putra/i-nya di Surya university.
  3. Orangtua/wali mahasiswa mencicil biaya studi perbulan sesuai dengan nilai beasiswa yang didapat berdasarkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) atau IPS (Indeks Prestasi Semester/Trimester) putra/i-nya.
  4. Manfaat Program Student Loan Bank:
    • Orangtua/wali mahasiswa dapat mencicil biaya studi putra/i-nya perbulan
    • Dukungan beasiswaSurya University dan perusahaan jika nilai putra/i-nya mencapai standar nilai beasiswa yang telah ditentukan.
    • Adanya perlindungan asuransi pendidikan, apabila orangtua/wali meninggal, putra/i-nya tetap dapat menyelesaikan pendidikan dengan dana asuransi yang telah diberikan.

NOTE : Seluruh hak mahasiswa (jas almamater, Computer Tablet) akan diberikan setelah commitment fee atau biaya fasilitas dilunasi.


PROSES ADMINISTRASI PINDAH JURUSAN

  1. Bagi calon mahasiswa yang ingin pindah jurusan dapat mengisi Form Pindah Jurusan yang tersedia di bagian Admission/Marketing (dengan tetap memperhatikan persyaratan jurusan SMA yang diperbolehkan oleh program studi pilihan tersebut)
  2. Pindah jurusan sebaiknya dilakukan sebelum kuliah dimulai.  Untuk mahasiswa yang melakukan pindah jurusan setelah kuliah berjalan maka akan dikenakan biaya administrasi Rp. 500.000,-
     

PROSES ADMINISTRASI PERKULIAHAN

  1. Bagi mahasiswa yang akan mengambil cuti akademik, maka untuk setiap kali cuti akan dikenakan biaya 25% dari biaya studi/trimester atau 25% x Rp.12.000.000,- = Rp. 3.000.000,-/trimester.   Cuti akademik tidak boleh dilakukan selama 3x berturut-turut.
  2. Bagi mahasiswa yang 'failed' dalam proses perkuliahan akan dikenakan biaya Rp. 2.000.000,-/modul untuk mengulang mata kuliah tersebut.