Surya University
About

Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University menawarkan program pembelajaran yang unik kepada masyarakat dalam bidang teknologi pangan dan gizi untuk menuju Indonesia jaya yang menekankan aspek akademis, riset dan entrepreneurship inovatif. Selain mengajarkan untuk menciptakan pangan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh manusia, Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University juga membimbing mahasiswa untuk mengerti proses pangan from farm to fork. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan pangan mulai dari proses seleksi bahan baku, pengolahan, analisis keamanan pangan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, pemasaran sampai akhirnya pangan tersebut aman dikonsumsi oleh konsumen.

Kurikulum yang ditawarkan dalam Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University pun mengikuti rekomendasi dari Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Institute of Food Technologist (IFT) USA. Selain itu, Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University sangat memerhatikan perkembangan mahasiswa dalam academic skill (keahlian akademis), research skill (keahlian riset), dan innovation and management skill (keahlian manajemen dan inovasi).

Latar Belakang
Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang terpenting. Industri pangan adalah salah satu sektor penggerak ekonomi yang berkembang dalam beberapa waktu terakhir baik di Indonesia maupun di dunia. Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University bertujuan menghasilkan lulusan yang siap bekerja dengan kemampuan pengetahuan Ilmu Pangan serta  mampu untuk mengaplikasikannya dalam proses seleksi bahan baku, pengolahan, analisis keamanan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan distribusi, serta penggunaan produk pangan yang baik, aman, bermutu, sehat dan terjangkau.

Keunikan Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan)
Didirikan dengan motto “Menemukan cara baru untuk memberi pangan sehat untuk Indonesia jaya”, Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan) di Surya University memiliki keunikan, yang terletak pada visinya, yaitu menjadi sebuah Program Studi Teknologi Pangan terdepan di Indonesia dengan mengeksplorasi sumber pangan asli (indigenous) Indonesia bagi tercapainya pangan sehat untuk Indonesia jaya pada tahun 2020.

Peluang Profesi Lulusan Program Studi Nutrition and Food Technology (Teknologi Pangan)

  1. Di industri pangan:  sebagai Quality Control, Quality Assurance, Production, Warehouse, Purchasing, Marketing, Research & Development;
  2. Di bidang lain yang terkait: sebagai Pengawas makanan di lembaga pengawas makanan, Analis di lembaga konsultan/sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Calon pendidik di instansi pendidikan, Peneliti muda di lembaga penelitian; atau Pengusaha/wirausahawan di bidang pangan.