Surya University
Program Peminatan

Program Studi Biologi Surya University memiliki 2 pengayaan, yaitu Bioteknologi dan Neurosains. Sedangkan untuk penelitian tugas akhir (skripsi), dikelompokkkan dalam 3 kelompok besar peminatan, yaitu:

  1. Bioprocess and Fermentation: mempelajari cara mengubah suatu substrat menjadi suatu produk yang lebih berharga dengan penggunaan makhluk hidup dan komponen-komponennya atau dengan cara fermentasi (enzimatis).
  2. Genetic Engineering: mempelajari prosedur berbagai teknik yang biasa digunakan dalam rekayasa genetika dan kloning DNA. Di samping itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan teknologi rekayasa genetika, seperti DNA elektroforesis, PCR, protein elektroforesis, dsb.
  3. Cell Science Technology: memahami tentang konsep dasar stem cell biology, Embryonic Stem Cells (ES) dan Induced Prulipotenti Stem Cells (iPS cells). Skripsi tentang teknologi ilmu sel ini akan diarahkan kepada kerja sama dengan beberapa industri farmasi yang ada di Indonesia. Bagi mahasiswa yang tertarik untuk spesifik ke arah neurobiology, peminatan ini juga termasuk mempelajari perkembangan dan fungsi sel otak dan saraf dari aspek molekular dan selular, yaitu mempelajari tentang organisasi sel ke sirkuit yang memproses informasi sensorik. 
Surya University
Program Studi Bioteknologi di Surya University mengajarkan mahasiswa bahwa semua bidang bioteknologi adalah sangat berguna dimana berbagai aspek tersebut dilambangkan sebagai warna dalam bioteknologi. Bioteknologi merah berhubungan dengan kedokteran dan farmasi, misalnya berkaitan dengan pembuatan antibiotik, analisa penyakit di laboratorium, penggunaan stem cells, dll. Bioteknologi abu-abu berkenaan dengan aspek lingkungan, seperti bioremediasi, yaitu penggunaan mikroba untuk menanggulangi masalah pencemaran lingkungan. Bioteknologi putih berhubungan dengan industri, seperti produksi plastik biodegradable dan biodiesel. Bioteknologi hijau berkaitan dengan pangan dan tumbuh-tumbuhan, seperti fermentasi tempe, tauco, oncom, dan alcohol. Bioteknologi biru berhubungan dengan kelautan, seperti cara pengawetan ikan dan berbagai biota laut lainnya.