Surya University
About

Teknik Fisika di Surya University didirikan dengan tujuan menciptakan lulusan yang mampu memanfaatkan dasar-dasar fisika dan matematika untuk mengembangkan peminatan energi terbarukan seperti energi matahari, energi angin, energi ombak, energi pasang surut, energi panas bumi dan energi air di Indonesia. Mahasiswa Teknik Fisika nantinya tidak hanya belajar teori dan eksperimen tentang energi terbarukan ini saja, tetapi juga mempunyai keterampilan sebagai entrepreneur atau wirausaha dalam bidang energi terbarukan.

Tujuan ini sejalan dengan visi Indonesia (visi kementerian ESDM) dalam mendukung Masterplan percepatan dan perluasan pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) tentang energy-mix 25/25, yaitu dimana tahun 2025 sebanyak 25% dari total energi yang dikonsumsi masyarakat Indonesia berasal dari energi terbarukan.

Adapun manfaat Program Studi Teknik Fisika dari segi penelitian dan pengembangan, dengan dosen dan penelitinya yang kompeten dan ahli di bidangnya, yang ada di Surya University ini akan mengembangkan penelitian dalam beberapa hal antara lain:

  1. Peningkatan efisiensi solar cell, pengembangan organic solar cell, integrasi yang paling efisien berbagai komponen untuk pemanfaatan energi matahari ini.
  2. Perancangan struktur windmill maupun formasi windmill farm yang lebih efisien.
  3. Pengembangan pengeboran geothermal yang lebih efisien.
  4. Perhitungan dan pemanfaatan arus air yang dapat digunakan di Indonesia.

Latar Belakang
Physics-Energy Engineering atau Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu yang sedang sangat berkembang pesat karena bidang Teknik Fisika berperan sebagai jembatan antara ilmu-ilmu dasar murni dan ilmu-ilmu dasar terapan. Lulusan Teknik Fisika tidak hanya mendapatkan ilmu dasar fisika dan matematika yang kuat, tetapi juga dasar-dasar rekayasa yang kuat. Manfaat seorang insinyur yang dibekali dengan dasar matematika dan fisika yang kuat adalah dapat meningkatkan efisiensi dalam riset serta pemanfaatan ilmu di sektor-sektor industri maupun dunia usaha. Dapat dikatakan bahwa Program Studi Teknik Fisika mempunyai cakupan yang luas, yaitu dari aplikasi ilmu-ilmu dasar, ilmu-ilmu terapan hingga pengembangan rekayasa dan pemanfaatan teknologi. Oleh karena sifatnya itulah Teknik Fisika sering disebut sebagai frontier engineering yang mampu bergerak pada garis batas pengembangan teknologi baru dengan memanfaatkan ilmu-ilmu dasar, matematika, dan fisika.

Pengetahuan yang diperoleh dari Teknik Fisika sekarang ini banyak dimanfaatkan dalam biang sensor, instrumentasi, akustik, tata cahaya, maupun pendinginan ruang. Hal ini tidak terlepas dari berbagai bidang peminatan yang ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bidang-bidang peminatan tersebut antara lain adalah  Teknologi Fisika Lingkungan Panas, Teknologi Fisika Bangunan, Teknologi Kontrol Modern atau Teknologi Akustik, Sinyal, dan Sistem. Di samping itu, ada pemanfaatan lain dari Teknik Fisika yang penting namun belum banyak dikembangkan di Indonesia, yaitu pemanfaatan Teknik Fisika dalam bidang energi terbarukan seperti energi matahari, energi angin, energi ombak, energi pasang surut, energi panas bumi dan energi air. Aplikasi atau pemanfaatan ini sangat penting, tidak hanya bagi Indonesia tetapi bagi dunia karena dapat mengurangi ketergantungan pada minyak bumi dan gas serta untuk mengurangi efek rumah kaca maupun pemanasan global.

Dengan dasar pemikiran inilah maka Surya University membuka Program Studi Teknik Fisika yang fokus di bidang teknologi dan pemanfaatan energi terbarukan atau Physics-Energy Engineering.

Keunikan Program Studi Teknik Fisika
Program Studi Teknik Fisika di Surya University mengusung renewable energy (energy terbarukan) sebagai konsentrasi studinya. Hal ini yang membedakan Program Studi Teknik Fisika di Surya University dengan program studi serupa di universitas lain. Selain itu, Program Studi Teknik Fisika di Surya University menerapkan konsep pembelajaran Research-based Learning (pembelajaran berbasis riset) yang diharapkan dapat menanamkan kemampuan perumusan masalah, logika dan analisis pada mahasiswa.

Salah satu bentuk penerapan konsep ini adalah dengan memplot tugas kuliah yang diberikan di akhir suatu sesi kelas merupakan bagian dari bahan kuliah untuk pertemuan sebelumnya. Dengan pola ini diharapkan mahasiswa dapat meneliti terlebih dahulu bahan kuliah sebelum dosen memberikan penjelasannya di sesi kelas berikutnya. Evaluasi berupa tes ataupun kuis tetap diberikan untuk menilai kemampuan pemahaman mahasiswa. Bentuk lain adalah dengan pemberian tugas besar (project) pada setiap mata kuliah yang dapat mendorong mahasiswa untuk dapat merangkum pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah tersebut dan mengaplikasikannya dalam suatu permasalahan yang mereka temui. Sebagai contoh, project pembuatan presentasi yang membahas suatu permasalahan energi di suatu lokasi beserta solusinya dalam Mata Kuliah Energi di Masyarakat.

Peluang Profesi
Peluang profesi lulusan Program Studi Teknik Fisika memiliki kesempatan bekerja di :

  • Perusahaan listrik energi terbarukan yang memanfaatkan energi angin, air, solar, geothermal dan ombak
  • Perusahaan minyak dan gas nasional dan multinasional
  • Perusahaan mobil listrik dan mobil hidrogen skala besar
  • Perusahaan pembuatan pesawat terbang, kapal laut, mobil terbang dan kereta super cepat.
  • Perusahaan industri manufaktur yang berhubungan dengan pemanfaatan robot.
  • Perusahaan industri manufaktur yang berhubungan dengan semi konduktor
  • Perusahaan industri berdasarkan teknologi nano
  • Perusahaan elektronika dan komputer