Surya University
About

Ada tiga komponen paling penting yang harus menjadi pusat perhatian untuk mendorong pertumbuhan agribisnis (hortikultura dan tanaman pangan, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan) untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang, yaitu teknologi dan inovasi, kewirausahaan, serta pengetahuan tentang desain bisnis pertanian. Karenanya, kurikulum Program Studi Agribisnis di Surya University berorientasi pada teori dan praktek lapangan dengan tiga pilar utama pengembangan agribisnis berorientasi pada harmonisasi aspek ekonomi, sosial dan ekologi (socioecopreneur).

Visi Program Studi Agribisnis Surya University adalah menjadi Program Studi Agribisnis berbasis riset yang memiliki keunggulan tingkat global dalam socioecopreneurship pada tahun 2030. Misi Program Studi Agribisnis adalah menyelenggarakan pendidikan agribisnis yang menghasilkan sarjana berkarakter mulia dengan kompetensi socioecopreneurship, melakukan penelitian dan pengembangan bidang agribisnis yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan masyarakat, dan mendiseminasikan ilmu agribisnis berbasis socioecopreneurship untuk pengembangan masyarakat.

Program Studi Agribisnis Surya University memiliki 55 mata kuliah Agribisnis yang dapat dikelompokkan dalam tiga bidang ilmu:  

  1. Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen;
  2. Bidang Ilmu Agribisnis dan Pertanian (hortikultura dan tanaman pangan, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan); dan
  3. Bidang Ilmu Socioecopreneurship.

Latar Belakang
Indonesia memiliki iklim tropis yang memberikan berbagai keuntungan, seperti sumber daya alam pertanian yang meliputi keanekaragaman produk-produk pangan, hortikultura, perikanan, perkebunan, dan kawasan hutan yang sangat luas.  Kekayaan sumber daya alam tersebut dapat membawa Indonesia sebagai salah satu negara tropis yang berpotensi menjadi sebuah negara besar dalam perekonomian dunia, terutama dalam sektor agribisnis.

Tantangan yang dihadapi saat ini perlu didukung dengan pengetahuan dan kemampuan generasi muda Indonesia dalam mendesain agribisnis yang  sesuai dengan perkembangan zaman. Program Studi Agribisnis Surya University hadir untuk menyiapkan generasi muda yang mampu menghadapi tantangan tersebut melalui pola pembelajaran Research-based Learning (pembelajaran berbasis riset) untuk melatih ketajaman analisis dalam memahami berbagai fenomena empiris dalam bisnis pertanian yang nyata.

Keunikan Prodi Agribisnis
Keunikan Program Studi Agribisnis Surya University terletak pada pengenalan konsep ilmu untuk pengembangan bidang usaha agribisnis (hortikultura dan tanaman pangan, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan)  yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan (ecopreneurship) dan masyarakat (sociopreneurship).

Peluang Profesi
Peluang profesi lulusan Program Studi Agribisnis, antara lain:

  1. Wirausahawan dibidang agribisnis (hortikultura dan tanaman pangan, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan).
  2. Profesional bidang agribisnis
  3. Akademisi (dosen dan peneliti)