Surya University
About

Program Studi Digital Communication di Surya University merupakan satu-satunya program studi di Indonesia yang mempersiapkan mahasiswa secara komprehensif, baik dalam pemanfaatan, penyebaran, dan pengembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat. Lulusan Program Studi Digital Communication nantinya diarahkan untuk menjadi communication officer, analis komunikasi, dan pengajar komunikasi yang siap menyongsong era digital.

Latar Belakang
Banyak bentuk dan cara komunikasi baru yang tidak terpikirkan dapat terjadi di masa mendatang.  Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang demikian dahsyat hadir di tengah-tengah kita, khususnya pada teknologi komunikasi.

Konsep komunikasi digital (ketika seseorang melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti komputer, handphone, internet, gadget, dan masih banyak lagi) akan selalu berkembang sesuai dengan perubahan zaman yang dipengaruhi penemuan dan pengembangan alat-alat berbasis teknologi. Manfaat dari komunikasi digital seperti ini akan dengan cepat dapat dimengerti oleh masyarakat karena dapat diakses oleh siapa, kapan, dan di mana saja.

Perkembangan teknologi, termasuk digitalisasi TV mulai tahun 2017 dan internet TV, akan membutuhkan banyak sumber daya manusia yang ahli dalam pengembangan dan pengoperasian komunikasi digital, yang mampu dan memiliki keahlian berkomunikasi kepada target audiens  di era digital.

Keunikan Program Studi Digital Communication
• Inovatif
Program studi Digital Communication menekankan pada kurikulum berbasis riset. Melalui riset, mahasiswa dilatih menjadi pembelajar mandiri yang mampu menggunakan teori dan mengembangkan konsep-konsep guna menghasilkan inovasi dan solusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

• Kreatif
Program studi Digital Communication berkomitmen untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, kreatif, tangguh, dan beradab dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menghadapi arus perubahan dan perkembangan  teknologi.  Kreativitas perlu diasah agar ide-ide brilian dapat diwujudkan dan bermanfaat nyata bagi masyarakat.

• Adaptif
Program studi Digital Communication merupakan program studi yang dibangun melalui pendekatan interdisipliner dengan menggabungkan pembelajaran komunikasi, desain, seni, dan teknologi. Pendekatan interdisipliner mampu menjawab tantangan era modern yang menuntut penguasaan ilmu secara holistik.

Peluang Profesi
•    Digital Movie
Peluang karir: assistant film strategic planner, production assistant, script writer,  sutradara.
Tokoh yang terkenal: Peter Jackson, Riri Riza.
•    Digital Broadcasting
Peluang karir: reporter TV dan radio, presenter TV, camera person, asisten produser program berita dan non-berita TV dan radio, asisten pengarah program TV, penyiar radio.
Tokoh yang terkenal: Desi Anwar, Putra Nababan.
•    Digital Games
Peluang karir: game content developer, game level designer, character modeling.
Tokoh yang terkenal: Hideo Kojima, Shigeru Miyamoto
•    Digital Media
Peluang karir: web designer and digital content developer, social media officer, social media analyst.
Tokoh yang terkenal: Andrew Darwis, Mark Zuckerberg.